121.563 Orang Calon Haji Sulawesi Selatan Masuk Daftar Tunggu

C R E A T E D   B Y     

121.563 Orang Calon Haji Sulawesi Selatan Masuk Daftar Tunggu

Sulawesi Selatan,

Kepala Biro Mental dan Spiritual Prov Sulsel, Syamsibar mengungkapkan jumlah daftar tunggu haji Sulawesi Selatan yang mencapai 121.563 orang saat ini jangan berharap  maksimal diberangkatkan  dalam waktu singkat, sebab kuota haji Sulawesi Selatan tahun ini kembali diprediksi sama dengan tahun sebelumnya, yakni kisaran 7221 orang, bila kuota Sulawesi Selatan tidak terkoreksi secara signifikan maka setidaknya butuh waktu antara 15-16 tahun untuk memberangkat daftar tunggu haji tersebut. Namun kita tetap berupaya ada penambahan untuk Sulawesi Selatan sebab Gubernur Sulsel akan melakukan segala upaya  untuk penambahan kuota haji tersebut.

Adapun upaya  atau  cara yang dilakukan lanjut Syamsibar, adalah dengan melakukan kunjungan langsung ke Arab Saudi dan mengupayakan penambahan kuota haji oleh Kementerian  Agama RI dan DPR RI. Tahun ini, pihaknya sudah melayangkan tiga kali surat permohonan yang ditandatangani langsung Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo ke pemerintahan pusat untuk memperhatikan penambahan kuota haji di Sulawesi Selatan, karena makin membaiknya tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat menjadi harapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengajukan penambahan ini.

Menurut Symsibar akibat pertumbuhan ekonomi yang terus membaik, tahun lalu kita dapat 33 kuota tambahan khusus untuk usia diatas 87 tahun yang masing-masing bisa menunjuk 1 pendampingnya berhaji, semoga tahun ini ada lagi sebab saat ini perhitungan kuota haji dirumuskan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi  yakni 1:1000 per mil suatu negara, artinya setiap daerah dengan 1000 penduduk muslim, ada satu calon jemaah haji  yang berdasarkan hitungan itu. Dan Indonesia  mendapat kuota nasional tiga tahun terakhir sebesar 221 ribu yang didistribusi ke seluruh provinsi di tanah air.

Yy/Na(Rabu, 01 Mei 2013)










0 Komentar

Komentar Berita

© 2014 Sulawesi Selatan. Developed by: Pemerintah Sulawesi Selatan

Ke Atas