Sosialisasi Pendidikan Menengah Universal (PMU)

C R E A T E D   B Y     

Sosialisasi Pendidikan Menengah Universal (PMU)

Sulawesi Selatan,

Tujuan utama Pendidikan Menengah Universal (PMU) adalah telah meningkatkan kualitas penduduk Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa, peningkatan kehidupan sosial politik serta kesejahtraan masyarakat. Sasarannya adalah pada tahun 2020 angka partisipasi kasar (APK) pendidikan menengah sekurang-kurangnya mencapai 97%. Hal ini dikatakan H.A. Muallim di Kantor Gubernur, Selasa, 26 Februari 2013 saat membuka acara sosialisasi Pendidikan Menengah Universal yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan dan Tim penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan.
 
Penggunaan istilah Pendidikan Menengah Universal dipilih Kemendikbud karena istilah Wajib Belajar harus berlandaskan dasar hukum yang kuat. Sementara dalam undang–undang tentang Sistem Pendidikan Nasional hanya disebutkan Wajib Belajar 9 Tahun, sedangkan untuk Wajib Belajar 12 Tahun tidak dikenal. Pendidikan Menengah Universal (PMU) esensinya seperti Wajib Belajar tetapi tidak ada sanksi dan tidak ada istilah memaksa. Kata yang digunakan justru mendorong agar seluruh lulusan SMP sederajat dapat menempuh pendidikan kejenjang pendidikan menengah.
 
Sebelumnya Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Andi Murlina mengharapkan kepada semua peserta dapat berinteraksi sesame peserta dalam melaksanakan Program Pendidikan Menengah Universal utamanya penuntasan Wajib Belajar 12 Tahun.
Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Wakil Ketua Umum TP PKK Pusat,  Dharma Wanita Persatuan Kabupaten/Kota, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
 
Hr/Tn (Selasa, 26 Februari 2013)










0 Komentar

Komentar Berita

© 2014 Sulawesi Selatan. Developed by: Pemerintah Sulawesi Selatan

Ke Atas