Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Fitiriani (Jumat, 29/1/2016) mengatakan, Gubernur Sulsel telah mengeluarkan surat edaran untuk percepatan musim tanam tahun 2016 ke seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

Dalam surat edaran tersebut, Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo meminta dinas terkait untuk melakukan percepatan tanam dengan melalukan mobilisasi alsintan atau alat traktor, baik bantuan pemerintah maupun swadaya petani untuk percepatan penggarapan sawah, sekaligus meminta para petani untuk melakukan semaian dengan sistim suling.

Pemerintah Provinsi Sulsel juga menjamin ketersediaan pupuk, yang dapat disupply ke seluruh daerah di Sulsel tepat waktu.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kondisi cuaca saat ini memang masih sangat baik, tapi antisipasi perlu dilakukan, mengingat cuaca bisa berubah setiap saat sehingga surat edaran tersebut dikeluarkan sebagai langkah antisipasi.

Target produktifitas disektor pertanian juga harus ditingkatkan, sehingga perlu dilakukan berbagai terobosan baru.

Syahrul juga berharap agar seluruh jaringan irigasi dapat dipelihara termasuk ditambah, sehingga dapat menyupai air ke daerah yang kekurangan air.

Jumat, 29 Januari 2016 (Srf/Er)