Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Sidrap, Senin (2 Mei 2016) berlangsung meriah dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel, H. Agus Arifin Nu'mang, Bupati Sidrap, Rusdi Masse serta beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sulsel serta undangan lainnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Ir. H. Agus Arifin Nu'mang, yang bertindak sebagai Pembina Upacara dalam kesempatan itu mengatakan Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Sulsel, menjadi upaya kesadaran bersama akan pentingnya meningkatkan kualitas manusia, melalui pendidikan.

Sesuai dengan Nawacita Presiden Republik Indonesia, yang menggariskan bahwa negara ini akan menjadi bangsa yang disegani dunia, dan berhasil dalam berbagai kompetensi era global, jika kualitas manusianya tinggi.

Segala capaian yang diraih, baik sebagai individu maupun sebagai bangsa secara kolektif, tidak lepas dari persinggungan dengan pendidikan, sehingga mutu dan jenjang pendidikan harus senantiasa ditingkatkan.

Agus juga mengaku, pemerintah senantiasa harus memastikan setiap manusia Indonesia, mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya, karena sama halnya dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Keterampilan yang dibutuhkan dan harus didapatkan generasi bangsa saat ini, mencakup tiga komponen, yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi serta kompetensi.

Agus menambahkan, generasi muda harus ditumbuhkan moral dan budi pekerti yang baik serta sikap jujur dan sopan santun.

Senin, 2 Mei 2016 (Srf/Rs)