Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Ir. H. Agus Arifin Nu'mang, MS memantau penanganan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Andi Makassau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Jumat, 5 Februari 2016).

 

"Rumah sakit ini penting karena menjadi rujukan dari rumah sakit lain di wilayah sekitarnya, karenanya kami meminta agar pihak rumah sakit memberi perawatan terbaik," kata Agus usai memantau penanganan pasien DBD tersebut di Kota Parepare.

Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, Agus meminta Pemkot Parepare untuk melakukan pemetaan terkait domisili pasien guna mengetahui kemungkinan tempat yang menjadi sumber penyebaran virus ini.

"Misalnya tadi, ada pasien anak-anak yang berasal dari sekolah yang sama, sehingga kemungkinan mereka terinfeksi di sekolah," terang Agus.

Menanggapi hal ini, Walikota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, pihaknya akan meminta Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk berkoordinasi melakukan pemetaan berasal dari sekolah mana saja pasien DBD tersebut.

"Dipetakan, kemudian akan dilakukan pengasapan di sekolah," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, terdapat lima pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut sejak Januari 2016. "Satu diantaranya meninggal dunia," terangnya.

Agus juga meminta agar para petugas medis meningkatkan kualitas pelayanan dan kecepatan penanganan untuk pasien DBD.

"Pelayanan harus maksimal, tidak bisa biasa-biasa," tutupnya.

Jumat, 5 Februari 2016 (Srf/An)