Kabupaten Pinrang

Kabupaten Pinrang adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pinrang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.961,77 km² dengan jumlah penduduk sebanyak ± 351.118 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 171 jiwa/km2, dimana bahasa yang digunakan di kabupaten ini adalah bahasa Patinjo. Penduduk di kabupaten ini mayoritas beragama Islam. Kabupaten Pinrang terletak pada Koordinat antara 43°10'30" - 30°19'13" Lintang Utara dan 119°26'30" - 119°47'20" Bujur Timur.

Jarak tempuh dari Ibukota Provinsi ke Kabupaten Pinrang ± 173 km dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara   : Kabupaten Tana Toraja
  • Sebelah Selatan : Kota Pare-pare
  •  Sebelah Timur  : Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sidrap
  • Sebelah Barat    : Selat Makassar dan Kabupaten Polmas

Wilayah Kabupaten Pinrang terbagi dalam 12 Kecamatan terbagi atas 39 kelurahan dan 65 Desa. Kondisi Topografi wilayah pada umumnya berbukit-bukit dengan ketinggian 100 – 2000 meter di atas permukaan laut.

Tipe Iklim di wilayah ini termasuk tipe B dan C dimana musim hujan terjadi pada Bulan November hingga Juni  dan sebaliknya musim kemarau terjadi pada Bulan Agustus hingga Bulan September, secara umum curah hujan terjadi cukup tinggi dan sangat dipengaruhi angin musiman. Suhu udara rata-rata mencapai 280C dengan curah hujan rata-rata mencapai 174,93 mm/bln.

VISI

Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Melalui Penataan Program Pembangunan Pro Rakyat menuju Terciptanya Kawasan Agropolitan yang didukung oleh Penerapan Prinsip-prinsip Tata Kelola Pemerintah

MISI

  1. Meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah yang professional,
  2. Mengoptimalkan pemanfaatan dan pelestarian SDA yang berwawasan lingkungan dan memperkuat agribinis dan agroindustri,
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memperkuat kemandirian lokal,
  4. Meningkatkan kualitas pelayanan dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,
  5. Meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana serta infrastruktur terutama pada sektor pertanian.
  6. Meningkatkan pengamalan dan nilai-nilai keagamaan, Pancasila dan budaya lokal,
  7. Meningkatkan keamanan dan ketertiban umum.

 



Wisata

Bagi anda yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga, tak  ada salahnya mencoba berkunjung  di Pantai Dewata Wakka Kabupaten Pinrang. Tak hanya menyuguhkan pemandangan pantai, namun beberapa warga yang berdomisili di sekitar Pantai Wakka, juga menyediakan fasilitas rumah-rumah panggung berukuran kecil tepat di bibir pantai lengkap dengan menu ikan bakar. Harga yang ditawarkan  kepada pengunjung cukup murah, cukup merogoh kantong sekitar Rp 300 ribu, pengunjung sudah mendapatkan dua keranjang berukuran besar dengan ikan berbagai jenis.

Jarak dari ibukota  kabupaten                                     : 28 Km

Lokasi / Kecamatan                                                   : Cempa

Pengelola                                                                  : Pemerintah / Masyarakat

Pantai Kanipang merupakan salah satu Pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Pinrang. Terletak di Dusun Kanipang, Desa Sabbang Paru Kecamatan Lembang sebelah utara kota Pinrang dengan jarak tempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan atau sekitar 40 km. Tempatnya cukup tenang, masih sangat asri dengan hamparan pohon-pohon kelapa, tempat ini sungguh sempurna untuk melepas penat.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 40 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  :  Lembang

Pengelola                                                                 : Pemerintah / Masyarakat    

Ujung Lero adalah daerah yang masuk wilayah pemerintahan Kabupaten Pinrang yang terletak di Kecamatan Suppa. Salah satu jalur transportasi menuju desa tersebut adalah dengan menggunakan jalur laut yang dapat ditempuh sekitar 10-15 menit dari Kota Parepare. Ujung Lero memiliki keindahan alam. Ujung Lero dihuni oleh dua suku yaitu Mandar dan Bugis. Namun kebanyakan warganya adalah suku Mandar, penduduk setempat sangatlah ramah, sebagian besar warganya hidup sebagai nelayan selain mengandalkan hidup dari hasil laut, sebagian mereka juga jadi pedagang dan penenun sutra. Ujung Lero dengan segala keindahannya dan keramahan penduduknya sungguh adalah pesona yang tersembunyi.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 30 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Suppa

Pengelola                                                                 : Masyarakat

Pantai Kappe memiliki pesona laut yang sangat indah dan bersih. Terletak di Desa Data, Kecamatan Duampanua. Panorama lautnya yang terhampar luas sejauh mata memandang dan dibagian utara tampak di kejauhan gunung-gunung yang menjulang diantara rimbunnya pepohonan hutan. Di pantai ini bisa melakukan aktivitas berenang dan aktivitas pantai lainnya.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 30 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Duampanua

Pengelola                                                                 : Masyarakat

Salah satu objek wisata bahari yang terletak di Desa Langnga Kecamatan Mattiro Sompe, kurang lebih 16 km arah barat Kota Pinrang. Untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu perjalanan kurang lebih 20 menit melalui jalan darat dan beraspal. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri karena kita dapat menikmati matahari terbenam dengan semilir angin pantai yang sejuk dan panorama pantai yang asri. Pantai Ujung Tape ramai dikunjungi masyarakat  utamanya pada hari libur dan hari raya.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 16 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Mattiro Sompe

Pengelola                                                                 : Masyarakat

Pinrang kini telah memiliki sebuah sarana rekreasi air atau biasa dikenal dengan sebutan waterboom yang terletak di jantung Kota Pinrang. Waterboom ini dinamakan Waterboom Bhayangkara Pinrang karena dibangun di atas lahan Asrama Kepolisian Pinrang atas kerjasama antara Polres Pinrang, Pemkab Pinrang dan investor. Pembangunan waterboom yang dimulai pada bulan Juli 2013 ini akhirnya resmi beroperasi dan terbuka untuk umum pada 14 Agustus 2014 dan diresmikan oleh Wakapolda Sulselbar, Brigjen Polisi Drs. Ike Edwin, SH.,MH, bersama-sama  Kapolres Pirang, AKBP Hery Tri Maryadi dan Bupati Pinrang, A. Aslam Patonangi. Waterboom yang terletak di Jalan Basuki Rahmat ini dibangun dengan luas keseluruhan 2.450 meter persegi. Terdiri dari empat buah kolam (dewasa dan anak-anak) ditambah dengan air Tumpah Silindir dan Desaider serta Flyiing Fox.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 40 Km

Lokasi / Kecamatan                                                   : Watang Sawitto

Pengelola                                                                  : Polres Pinrang

Kawasan Air Terjun Karawa dengan ketinggian 60 meter ini dibawahnya terdapat kolam-kolam alami  dan bebatuan untuk beristrahat. Dari kolam alami ini, air mengalir melalui batu-batu gunung dan menciptakan air terjun kecil seolah bersusun-susun.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 40 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Lembang

Pengelola                                                                 : Masyarakat

Air Terjun Kali Jodoh adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang  kurang lebih 45 km arah utara Kota Pinrang. Bila kita mengadakan perjalanan ke tempat ini hanya memerlukan waktu 45 menit lewat jalan darat. Air Terjun Kalijodoh mempunyai cerita tersendiri. Menurut ceritanya dinamakan kalijodoh karena pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab, memohon doa kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 45 Km

Lokasi / Kecamatan                                                   : Lembang

Pengelola                                                                  : Pemerintah / Masyarakat

Permandian ini terletak di Desa Sulili Barat Kecamatan Patampanua (Jaraknya 7 Km arah timur kota Pinrang).Waktu perjalanan kurang lebih 10 menit melewati jalan darat yang beraspal mulus. Fasilitas yang dimiliki tempat ini adalah pemondokan (tempat Peristirahatan) serta kolam mandi. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, selain utuk berekreasi juga untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan reumatik. Permandian Air Panas Sulili ada dua sumber air yang mendukung suplai air untuk Permandian Air Panas Sulili, salah satunya yaitu sumber air panas yang terletak tidak jauh dari kolam utama tempat berendam. Keunikannya ialah sumber air panas seolah muncul dari perut bumi dan bukan berasal dari gunung berapi seperti sumber-sumber air panas lainnya yang lazim ditemui. Terletak di lingkungan Sulili Kelurahan Mamminasata Kecamatan Paleteang bagian selatan Kabupaten Pinrang.

Jarak dari ibukota kabupaten                                      : 7 Km

Lokasi / Kecamatan                                                   : Paleteang

Pengelola                                                                  : Pemerintah

Permandian Air Panas “Lemo Susu” adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Kecamatan Lembang kurang lebih 42 Km arah utara Kota Pinrang. Berada diatas lahan seluas 20 hektar dengan fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang, bangunan-bangunan peristrahatan, pondok karaoke dan lain-lain. Berada ditempat ini pengunjug dapat menikmati sejuknya udara pegunungan sembari memandangi keindahan alam yang dapit oleh dua buah pegunungan, jalur darat menuju ke tempat ini beraspal mulus.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 42 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Lembang

Pengelola                                                                 : Swasta  

Bendungan Benteng adalah salah satu peninggalan Kolonial Belanda. Pada tahun 1939 bendungan ini dibangun, dimana pada awalnya hanya sebuah survey pada induk bendungan Benteng oleh Ir. FRAMA tahun 1927. Bendungan ini mulai dikerjakan pada tahun 1936 dibawah pimpinan Ir. H. M. VERWAY. Bendungan Benteng terletak di Kecamatan Patampanua, kurang lebih 20 km arah utara Kota Pinrang. Memerlukan perjalanan kurang lebih 20 menit melalui jalan darat.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 20 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Patampanua

Pengelola                                                                 : Pemerintah

Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di Kecamatan Suppa (30 Km arah selatan Kota Pinrang). Kawasan ini diapit oleh laut sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau Kamarrang adalah wilayah Kabupaten Pinrang yang berhadapan dengan Kota Parepare, sehingga bila kita mau menyeberang ke pulau ini lebih dekat bila anda lewat Pelabuhan Parepare naik perahu tradisional dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 30 Km

Lokasi /  Kecamatan                                                  : Suppa

Pengelola                                                                  : Swasta

Letaknya di Malimbung Kecamatan Patampanua, sekitar 20 km arah timur Kota Pinrang. Tempat ini banyak dkunjungi masyarakat, terutama pada siang hari untuk bersantai sambil menikmati makanan dan udara sejuk serta memancing ikan yang ada di danau.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 20 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Patampanua

Pengelola                                                                 : Swasta

Kompleks rumah adat Saoraja Pinrang berada di Kecamatan Watang Sawitto sekitar 1 kilometer dari Kota Pinrang. Hal yang cukup menarik dalam kawasan ini adalah adanya Rumah adat yang cukup besar yang disebut Saoraja Pinrang (Rumah Raja), kawasan ini cocok untuk  tempat Wisata Budaya.

Jarak dari ibukota Kabupaten                                     : 1 Km

Lokasi / Kecamatan                                                  : Watang Sawitto

Pengelola                                                                 : Pemerintah    

Register For Vote