Bila Beda Ukuran Sepatu

  • 1276 Pengunjung
  • 2109 hits
  • 24 Feb 2016

SEPATUMU toh, tidak cocok dengan kakiku! Tidak cocok dengan orang lain. Makanya, jangan ukuran sepatumu kamu paksa dipakaikan pada orang lain, karena mungkin saja tidak pas dan akan menyakitkan.

            Sangat banyak kebersamaan yang harmonis harus berantakan karena kita terlalu ego. Kegagalan itu dikarenakan ukuran standar kita yang beda. Kita mau orang lain menggunakannya. Kadang kita tidak sadar bahwa kita membandingkan kemampuan kita dengan orang lain. Kita menganggap apa yang kita lakukan adalah standar yang tepat. Padahal mungkin saja bagi orang lain, staf, istri, maupun anak-anak kita, justru apayang kita lakukan adalah sesuatu yang terlalu berat atau terlalu cepat pada mereka. Contohnya kalau mau ke acara perkawinan, istri, maupun ank-anka kita, justru apa yang kita lakukan aalah sesuatu yang yang terlalu berat atau terlalu cepat pada mereka. contohya kalau mau ke acara perkawinan, istri dandanannya terlalu lam yang kemudian mengakibatkan kita marah.

Hal lain, staf terlalu lambat kalua mengonsep surat, padahal ukuran standar kita  yang kita pakai . apalagi,kalau penggunaan standar kerjs itu sudah biasa buat kita.

            Akibatnya, prajudice ( prasangka) itu muncul.

Malah,jika terdistorsi dengan like and dislike seperti perbedaan orientasi politik atau partai,maka makin negatiflah nilai standar kerja ita pada ukuran orang lain,dan di sinilah hal yang berbahaya dalam keluarga,apalagi bagi seorng pemimpin. Kalau mau tenang, harmonis dan bahagia maka metinya janganlah memaksakan kemampuan pada orang lain.

            Untuk itulah, kita biasa sajalah mengukur kinerja oang. Jangan egois ! berhentilah memaksakan ukuran sepatu atau baju kita pada orang lain.seyogiyanya, kita makin rendah mungkin saja itu semu. Toh, tidak slamanya kitalah yang paling hebat.

 

(Jakarta, 9 Mey 2014)

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up