Waduh, pergi mi seng! Jalan kiri, jalan kanan … sore mi kah? Berarti malam sebentar lagi kita jelang. Hari ini HUT Pak Alwi Hamu ke-71 Adakah hari-harinya tidak terbang menguap tanpa kesan? Ataukah kita hadir hari ini karena hari-hari beliau telah menyebarkan rahmat dan menaburkan persahabatan dan persaudaraan? Kalau begitu, bagaimana dengan kita hari ini?

Satu hari satu malam, sebentar kita lewati lagi – diantaranya tidur delapan jam, satu jam nonton, satu jam ngobrol, mandi dan lain lain. Kalau begitu pertanyaannya … Apa bede! Yang sudah kita lakukan dan kerjakan? Ada ji kah? Ada ji hasilnya yang baik-baik, yang bermakna dan bermanfaat, yang sudah melahirkan rahmat bagi kehidupan?

Ayo, kita bercermin dari 71 tahun Pak Alwi Hamu lewati. Mari kita sama-sama merenung, ke mana penguapnya waktu ini, terbang entah kemanakah? Kalau waktu ini terbang, ada ji kah mendekat pada tujuan hidupmu, targetmu, tugasmu, sebagai apa? Bagaimana dengan tanggug jawabnya? Bagaimana dengan kariermu? Bagaimana kualitas dan harmonisasi kehidupan dan keluargamu? Bagaimana dengan kewajiban agama dan kebangsaanmu? Ya … Sudahlah, kau yang bisa jawab itu. Tanyakan mi dirimu, kemana waktumu pergi dan terbang meninggalkanmu. Terserahlah! Yang pasti sosok Pak Alwi Hamu telah menyajikan sesuatu yang kita telah kita nikmati hari ini. Selamat Ulang Tahun ke-71 Daeng. Sehat dan makin sukses.

Makassar, 28 Juli 2015.