Fokus itu adalah persyaratan dan tiket untuk meraih keberhasilan dan kemenangan. Kalau kita fokus pada suatu hal maka jaminan hasil maksimalnya bisa diprediksi akan dicapai. Hanya kadang kita lebih memilih diam dan bingung kalau menghadapi sesuatu, apalagi jika kompleksitas masalah telah beruntung menghadang kita. Akibatnya, bisa saja kita terhempas dari goal atau tujuan yang akan kita capai. Kita jadi bingung mau mengambil arah yang mana, dan malah frustrasi serta bahkan stres.

Bila kita frustrasi dan stres, bisa berakibat fatal. Padahal kita hanya harus memperdalam fokus kita. Artinya, mengarahkan segala kemampuan yang ada pada diri kita dan apa yang kita miliki untuk konsisten menggapai tujuan. Yang pasti, kita butuh pikiran yang terkonsentrasi, butuh waktu yang cukup untuk memecahkan masalah agar tidak serampangan bersikap, butuh sehat agar tetap berenergi menghadapi tantangan!

Ingat, tidak ada orang yang naik kelas tanpa lulus ujian. Jika ada badai menghadang, maka jangan bawa menyamping perahu atau balik belakang dari tujuan. Kita harus menghadapi segala tantangan dengan tenang. Tidak panik! Karena setiap masalah harus diselesaikan setahap demi setahap. Yang penting jangan bingung dan tetaplah fokus!*

 

                                                                                                                                                (16 September 2012)