Jepang Ekspor Kopi Toraja

  • 1279 Pengunjung
  • 2149 hits
  • 23 Feb 2016

Selalu saja ada yang membuatku kagum pada Jepang. Malah, banyak tulisan saya tentang Jepang sebelumnya. Kali ini saya ke Jepang dan kembali membuat negara ini menakjubkan saya. Hati kecil saya seakan bertanya kapan Indonesia seperti ini?

Kelebihan yang ada yang saya takjub kali ini karena di dalam kota, transportasi laut dan sungai-sungai didandani luar biasa indah, bersih, dan nyaman. Bahkan seakan mau menyaingi tamasya sungai yang ada di Prancis dan Belanda. Ada restoran terapung dan lain-lain.

Belum lagi kita makan produk-produk cemilannya yang rata-rata dari bahan pertanian murni yang difermentasi dan dikemas dengan sempurna. Dijual dengan harga mahal karena memang dibutuhkan masyarakat Jepang dan diekspor ke seluruh dunia.

Misalnya kripik pisang yang saat ini terkenal tetapi orang Jepang tidak tanam pisang. Kopi Toraja yang terkenal (500 ribu ton per tahun) dijual ke seluruh dunia. Padahal di Jepang tidak tanam kopi. Terong difermentasi sehingga tahan sampai  satu tahun dikemas dan dikonsumsi di Jepang secara luar biasa. Semua itu malah bahan dasarnya dari Sulawesi Selatan.

@Nagano-Jepang, 7 Mei 2013

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up