Jepang yang Kusuka

  • 1142 Pengunjung
  • 1858 hits
  • 23 Feb 2016

Jepang itu Asia. Dia sama dengan kita di Indonesia. Banyak budayanya yang mirip dengan adat Bugis-Makassar. Bedanya,  Jepang maju. Jepang sejahtera. Orang Jepang panjang-panjang umurnya karena udaranya segar, penghijauannya terjaga, dan seimbang.

Kalau begitu yang hebat dari Jepang adalah di sana sangat aman dan damai. Jepang sangat bersih dan ramah lingkungan. Orang-orang Jepang itu sangat sopan, care (peduli), share (berbagi), fairness (jujur). Saya suka Jepang. Terasa bedanya bila kita berada di Jepang dengan negara manapun yang ada di dunia

Pagi sampai pukul tiga sore, tak ada seorang anak pun yang kelihatan di jalan-jalan atau di mall karena mereka sekolah. Kita di Indonesia, pulang sekolah anak-anak langsung main game. Di Jepang, kalau mau lihat anak-anak di tempat liburan atau taman-taman pada waktu tidak ada sekolah. Bayangkan kalau kita jalan di Makassar, di mana saja di Indonesia sampai desa anak-anak berkeliaran di mana-mana.

Di Bandara Narita yang termasuk bandara tersibuk di dunia, tetapi airport tutup dari pukul 12 malam sampai enam pagi. Ini dilakukan agar rakyat tidak terganggu tidurnya dengan bising pesawat. Pantas hidupnya orang Jepang usianya rata-rata di atas 100 tahun.

Mestinya, kita buat Sulsel menuju ke kedamaian dan ketenteraman seperti itu. Karena pemerintahan dan rakyatnya menyatu untuk mewujudkan keteraturan, kedamaian, dan ketenteraman sebagai tujuan. Indonesia harus bisa!

@Haneda-Jepang, 8 Mei 2013

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up