Ketegasan Pemimpin

  • 1359 Pengunjung
  • 2230 hits
  • 23 Feb 2016

Pemimpin mestilah tegas ! Ketegasan  adalah sesuatu keputusan yang harus diambil secara cepat dan jelas dalam situasi yang tidak mengambang dan berlarut-larut. Sebab, tugas yang paling berarti bagi seorang pemimpin adalah mengambil keputusan yang baik, tepat dan normatif.

Tentulah, bukan masalah mudah karena setiap keputusan pemimpin memiliki resiko dan konsekuensi. Putusan itu juga pasti berdampak pada rasa keadilan dan secara pasti ada yang dikorbankan dari keputusan tersebut. Makanya, menelorkan putusan  membuat seseorang pemimpin harus hati-hati dalam menentukan ketegasan pada keputusan yang dia ambil karena pemimpin yang mengubah-ubah keputusan akan mendegradasi kewibawaan yang dia perankan.

Perlu diingat bahwa bahwa  wibawa pemimpin bukan karena jabatannya, tetapi seberapa banyak keputusannya tepat dan sukses menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Makin banyak keputusan besar yang sukses, makin tinggi derajat kepemimpinannya. Sebaliknya, makin sering keputusannya salah, semakin turun kualitas dan derajat kepemimpinan seseorang.

Kalau begitu, keputusan tegas memang perlu tetapi harus telah dipertimbangkan dengan sematang-matangnya. Jadi keputusan yang tegas adalah suatu pilihann sikap untuk melakukan sesuatu yang benar dan tidak bimbang. Keputusan yang tegas bukanlah sikap keras, ngotot dan kaku. Oleh karena itu harus mengalahkan keragu-raguan yang ada dengan mencoba menggali data dan fakta serta ketemunya tujuan yang jelas sebagai target dari suatu keputusan yang tidak boleh sekedar coba-coba.

                                                                                      @ Ho Chi Minh-saigon-Vietnam, 15 Mei 2013

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up