Ketika Kita Teriak Merdeka

  • 1213 Pengunjung
  • 1962 hits
  • 24 Feb 2016

KITA harus teriak apa di HUT ke – 69 Republik Indonesia? Rasanya teriakan “merdeka ... Merdeka  Merdeka ...” tidak lagi melulu harus itu dan terlalu penting saat ini. Sebab, di kekinian justru teriakan kita rasanya yang lebih tepat: “Ayo, anak bangsa kamu bisa! Ayo, maju dan jangan mau tertinggal. Ayo, bangkit. Tegakkan harga dirimu. Ayo, bersatu padu agar Indonesia makin damai. Ayo, bersatu padu agar Indonesia makin damai, makin tentram, makin sejahtera!”

            Kini, sudah saatnya kita bangkit dari kemiskinan, sudah saatnya kita terhindar dari orang-orang tamak dan zalim sertakoruptir yang hanya mementingkan dirinya, partai, maupun kelompoknya. Mari kita semua keluar dari ketergantungan impor lalu menjadi negara mandiri yang menjunjung tinggi Pancasila, bersatu dari sabang sampai Merauku, karena kita semua bersaudara.

            Kita harus  bela NKRI. Kita bela pancasila. Kita bela Bhineka Tunggal Ika. Kita harus toleransi pada perbedaan dan bersatu. Jayalah Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita semua. Kita harus berarti bagi bangsa ini. Mari satukan tekad, dan dari tangan kita ada yang kita buat agar negeri jangan rusuh, agar negeri makin maju di bidang Iptek, serta bidang lainnya.

            Bila tidak ada yang bisa kita perbuat, maka kita cukup menempatkan diri sebagai bagian dari bukan orang yang bermasalah, bukan trouble maker, bukan provokator. Walau, kita sebaiknya sebagai orang yang merupakan pekerja ulet, tulus, dan jujur pada fungsi dan tanggung jawab pada keseharian kita.

            Merdeka!

 

                                                                                                (Makassar, 17 Agustus 2014)

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up