LANGKAH kaki kita menuju kebaikan dan kebenaran memang tidak selalu lurus tanpa hambatan. Terkadang ada saat kita harus berhadapan dengan situasi sulit yang membawa kita pada kondis konflik da melelehkan, bahkan menyesakkan dada. Terkadang pula ketika kita sama-sama berupaya saling menuntun dan menunjykkan jalan kebenaran,terkadang tidak semua mau dan bersedia untuk dituntunmenemukan kebenaran itu. Begitu pila ada masa kita asik-asikkan menapaki jalan yang mungkin mulus meraih mimpi bersama yang indah , ujian kehidupan baru pun muncul menjadi tantangan.

      Segala tantangan menandai bahwa itulah kehidupan. Begitulah cara Allah meluruskan setiap jalan dan niat kita.begitulah cara Allah menguatkan hati kita semua. Makanya, jika kita melewatinya dengan baik, Insya Allah dibalik segala kesusahan akan tantangan yang kita hadapi pasti terdapat hikmah bai yang Tuhan siapkan itu janji Allah.

      Kalaulah ada gelombang yang menghadangmu , pesan bijak leluhur kita , jangan bawa perahu meyamping. Hadapi gelombag itu! Kita harus meggunakan kaal agar t idak tenggelam, sebab segala takdiritu hanya dari Allah. Makanya , teruslah berbuat kebaikan . toh, kalau mau naik kelas , pastilah ada ujian yang mesti kita lewati. Dan yakinlah diri bahwa tidka ada kebaikan tanpa membals kebaikan !

 

(Makassar-bone, 31 Mey 2014)