Panutan Andalan

  • 1194 Pengunjung
  • 1885 hits
  • 22 Feb 2016

Menjadi orang yang diandalkan dan jadi panutan memang bukanlah hal yang mudah. Paling tidak harus menjadi solution maker (pemberi solusi) dan bukan trouble maker (pembuat masalah). Dan disitulah ujiannya : mampukah kita menemukan jalan yang terbaik dari tantangan ke tantangan? Karena makin kita mau maju dan berhasil, tantangan dan cobaan pasti makin dahsyat dan besar. Dan itu tandanya kalau kapal yang kita tumpangi maju dan bergerak makin dekat pada tujuan.

Seorang andalan memang dapat dipastikan akan berhadapan dengan hantaman dari dalam dan luar dengan keberhasilan yang ditentukan dari solusi yang bisa tepat atau tidak. Makanya andalan adalah orang yang berkarakter yang mumpuni, sempurna, memiliki skill, mampu membangun komunikasi yang sempurna dan santun, juga piawai bernegosiasi, tidak egois, dan nalarnya didahulukan dari pada otot dan kekuasaannya.

Hanya saja, patut diingat ; seandal-andalnya kita, pasti tidak bisa sendiri dalam berpijak. Kita butuh network, butuh tim solid, bahkan publik atau penonton tidak boleh kita abaikan untuk melihat sejauh mana seorang andalan bersiap dari momen ke momen.

 

                                                                                                                                                (27 September 2012)

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up