Pegang Komitmen (2)

  • 1210 Pengunjung
  • 1924 hits
  • 23 Feb 2016

Komitmen tak dapat dipungkiri adalah harga diri! Kalaulah demikian, bila ada orang yang  melanggar komitmen, pada dasarnya dia sedang menghabiskan harga dirinya, karena melanggar komitmen merupakan penghancuran kepercayaan. Orang yang kehilangan kepercayaan sebenarnya telah merusak hubungan-hubungan politiknya, hubungan bisnisnya, bahkan persaudaraannya ikut dia hancurkan.

Menjadi orang apalagi pemimpin yang baik, punya karier, dan masa depan, modal pertama adalah bagaimana kita menjaga komitmen. Sebab, komitmen yang kita ucapkan  adalah janji dan undang-undang bagi kita yang tidak bisa dilanggar. Makanya, kalau ada pemimpin yang takut berkomitmen maka dia juga bukan pemimpin yang baik karena tidak ksatria, dan pasti tidak bisa membawa orang lebih baik dan maju. Selain itu, bila ada pemimpin takut berkomitmen maka orang tersebut menyembunyikan hargha dirinya. Dan tidak pantas menjadi pemimpin.

Makanya, kita senantiasa menjadi pemimpin yang memilih harga diri  dengan berkomitmen dan menjunjung tinggi nilai harkat manusia. Kita harus berani mengatakan dan menjaga komitmen. Kita harus ingat dan menjalankan sumpah sesuai komitmen. Dan, di saat itulah kita menjadi bushido, ksatria yang tak pernah ingkar janji serta menjadi pahlawan bagi negara, bangsa, dan keluarga.

@Jakarta, 23 Maret 2013

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up