Play it by Trust

  • 1057 Pengunjung
  • 1497 hits
  • 08 Apr 2016

Apakah itu konflik, konfrontasi serta kompotisi dalam kehidupan keseharian politik adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah dinamika politik? Makin besar organisasi politik makin besar dinamika dan eskalasinya. Dan disinilah ujian dari managemen kepemimpinan, managemen organisasi, managemen aktivitas dan program. Dan lebih khusus menjadi ukuran dari kematangan kekaderan.

Oleh karena itu, hidup dan bermain dalam dinamika politik semua tidak ada yang harus buntu, apalagi bunuh diri. Kenapa? Karena politik adalah seni mengelola kemungkinan, untuk menjadi sesuatu yang memperkuat tujuan. Politik adalah mengelola kecerdasan memainkan pion-pion catur agar menang, minimal remis, bukan kalah. Apalagi jangan ada yang menghancurkan papan permainan. Terlebih jangan ada yang menghancurkan pion-pion, serta membalikkan papan catur bukan? Kampungan itu.

Seharusnya, mainkan-ki bidak caturmu. Mainkan-ki bentengmu.Mainkan-ki kudamu. Lindungi rajamu. Posisikan perdana menteri yang terjaga oleh pasukan lainnya dan teruslah bermain dengan hatimu. Play it by trust, Comman-dante. Saya yakin ada jalan keluar terbaik untuk kita semua.                                                                                                                                                                                                                 Makassar, 13 Oktober 2014     

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up