Rutinitas Seorang Gubernur

  • 1235 Pengunjung
  • 2640 hits
  • 12 Apr 2016

Apa sebenarnya yang selalu dipikirkan seorang gubernur setiap hari? Tentu SYL dan para gubernur yang tahu. Yang pasti, bagi SYL, yang selalu ada di benak seorang gubernur adalah menemukan harapan-harapan dan kebutuhan rakyat yang ada. Mengenergi seluruh kekuatan pemerintahan  untuk menemukan kebutuhan rakyat. Menciptakan ruang bagi rakyat untuk memenuhi harapan dan kebutuhannya. Mencoba mendorong masyarakat sendiri berupaya memecahkan persoalan-persoalan yang begitu besar, banyak dan kompleks dihadapinya.

Oleh sebab itu yang harus dipikirkan oleh Gubernur adalah bagaimana mereka, rakyat sendiri bisa memecahkan masalahnya dan memberi ruang agar mereka  bisa mengatasinya. Tantangan yang mereka hadapi ke depan, itulah yang dipikirkan oleh pemerintah. Itulah rutinitas setiap hari seorang gubernur.

Berikut adalah menjaga kepercayaan orang banyak. Bagaimana seorang pemimpin tidak kehilangan kepercayaan, sehingga mampu mengatur dan me-maintenance dukungan, bahkan bisa menggerakkan dukungan itu kea rah-arah yang diharapkan.

Jika di luar yang rutin itu, tiba-tiba saja ada sesuatu yang incidental, seorang Gubernur harus berusaha mendapatkan akurasi fakta terhadap kejadian apa saja. Kemudian mencari seperti apa langkah yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan dan masalah itu.

Kalau kita memperoleh pemataan secara baik, tentu bisa diukur solusi apa yang harus dilakukan. SYL selalu membuat jawaban-jawaban yang dihadapi setiap pagi. Jawaban dari apa langkah cepat dan tepat yang harus dilakukan. Dengan siapa koordinasi haarus dilakukan. Dan, langkah cepat itu sampai level apa bisa menjadi jawaban.

Sesudah itu membuat langkah-langkah dan kebijakan semetara sangat dibutuhkan. Yang berkaitan, tentu saja, melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari masalah yang dihadapi. Barulah setelah semua sudah bisa jalan baik, baru mengarah kepada bagaimana membuat kebijakan permanen untuk dijadikan solusi mengatasi masalah-masalah yang ada.

Rammang-Rammang, 4 Agustus 2016

 

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up