Siapa lagi yang akan memperbaiki bangsa ini kalau bukan kita, WNI! Tidak mungkin bangsa USA, China, Malaysia, Belanda dan lain lain. Karena mereka punya masalah dan kepentingan untuk negaranya. Kalau begitu, jangan tunggu siapa lagi yang harus mulai memperbaiki dan kapan harus diperbaiki. Tetapi sekarang, oleh kita, siapa pun kamu, apa pun statusmu, punya modal untuk berkonstribusilah membangun dan memajukan bangsa dan negaramu. Minimal menaburkan kedamaian, menjaga keteraturan, atau minimal menanam satu buah pohon maka itu sangat berarti bagi negeri ini.

Kalau sudah tidak ada lagi yang bisa kau lakukan, cukuplah jangan karena kau Negara ini rusak, bangsa ini komplik dan Negara ini bersoal karenamu..!!  Indonesia Tuhan telah siapkan untuk rakyatnya makmur. Lihatlah di laut tinggal ambil ikan, di darat tinggal tanam apa saja. Di gunung mau berkebun apa bisa dan berternak apa saja menjanjikan kehidupan. Belum tambang, gas dan minyak. So, tinggal kita bangsa ini mau maju atau tidak, oleh karena :

Mari kita bersama melakukan gerakan menuju bangsa yang bermartabat. Negara kita kuat, rakyatnya damai, dan sejahtera. Ini hanya ada kalau Negara kita jaga tetap berdaulat di bidang politik, mandiri di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya dan adat istiadat.

Mewujudkan semua itu harus hadir :

  1. Pemerintahan yang baik dan berpihak pada rakyat dan tidak meladeni diri sendiri
  2. Hadirnya pengusaha yang bergerak tanpa beban dan akseleratif dari ruang yang terbuka luas, tetapi tetap memiliki empati nasional yang dalam
  3. Kesadaran hokum masyarakat dan hadirnya aparat yang konsisten dalam menjaga dan melaksanakan penegakannya secara adil

      4. Terus melakukan inovasi di bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan riset

     5. Politik Indonesia yang tetap menjunjung tinggi idiologi Pancasila, MKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam UUD 45. Kalau begitu, ibu pertiwi                 menunggu tangan kita sekarang juga, bersemangat, bersatu, bergotongroyong menciptakan suasana yang tenteram dan kondisif. Menjaga                   pemerataan dan keadilan, kita harus yakin, saat Indonesia lebih baik dari Jepang, China, dan Amerika. Ini era kita!

7 Maret 2015