SEORANG kesatria yang merupakan penakluk gelombang dan segala tantangan, pastilah dia seorang juara sejati – he is champion. Kalau dia sang juara, maka dia orang yang tidak hanya mengandalkan bakat dirinya semata dan keberuntungan-keberuntungan yang kebetulan, tetapi yang pasti ada dan sangat besar adalah kemauan yang membara serta semangat yang tidak pernah berhenti: don’t stop, komandan!

      Orang-orang berjiwa juara sejati itu, dimanasaja dan dalam peluang apa saja, dia berkobar menaklukannya. Dia akan senantiasa membangun impian-impian raksasa, serta berani menghadapi kelemahannya. Walaupun, pasti the champion membutuhkan terus pengetahuan yang lebih. Dia harus banyak berlatih dan menambah keterampilan. Yang jelas, dia tidak kalah dengan kemauan orang lain yang menjadi kompetitornya.

      Seorang juara sejati, tidak malu bertanya untuk mengetahui akan hal yang dia kurang kuasai atau pahami. Dia bertanya pada orang yang tepat. Dia juga mendiskusikan beragam hal untuk membuatnya sebagai juara sejati. Yang pasti, dia sangat mafhum bahwa tidak ada seorang pun yang bisa sukses tanpa bantuan orang lain.

                                                                                          (Makassar, 26 April 2014)