Tidak Korupsi, Manajemenmu Perbaiki

  • 1074 Pengunjung
  • 1558 hits
  • 11 Apr 2016

Menyambut Hari Anti-Korupsi Dunia, kita harus setuju tapi sebenarnya akar semua kasus korupsi adalah pada manajemen. Pengawasan hanya bagian kecil dari manajemen. Dalam konteks pemerintahan yang baik, manajemen harus efesien, transparan produktif dan akuntabel. Yang harus dibenahi oleh kita adalah seluruh system manajemen, intinya ada 3 :

  1. Pengambilan keputusan (harus transparan dan akuntabel),
  2. Rekruitmen pada jabatan-jabatan (harus berbasis kompetensi dan integritas), dan
  3. Pengawasan internal (harus bisa mencegah).

Dalam pemerintahan yang baik, kepemimpinan, manajemen, program prioritas yang unggul dan teruji menentukan semua langkah harus menjawab standar proses yang normative serta jangan bermasalah hokum dan seboleh-bolehnya memenuhi etika. Kita percaya  ada Allah mengijabah doa dan harapan orang baik dan ikhlas seperti kita. Mengimbau kepada anak buah dan masyarakat agar tetap kompak mendukung kebijakan dan arah pemerintahan. Jangan lebih banyak komentar di media, nampang. Kerja, kerja dan kerja .

Simpulannya, cara pasti menghindari terjadinya korupsi adalah perbaiki managemen. Managemen yang rusak, yang sakit adalah factor pasti hadirnya korupsi!  Mari kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, semoga melindungi kita semua untuk tidak terkena stigma hina yang disebut KORUPTOR! Tolong jagakan ka’ itu semua.

10 Desember 2014 

syl way

menu lainnya

Daerah Wisata

Komoditas Unggulan

keyboard_arrow_up