Dekranasda Sulsel Gelar Festival Sarung untuk Pengrajin Sarung Sutera di Sulsel

blog-detail.jpg

Untuk mendorong potensi Pengrajin Sarung Sutera di Sulawesi Selatan, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulsel bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Sulsel dan seluruh organisasi wanita yang ada di Sulsel menggelar Festival Sarung di Kantor Dekranasda Sulsel, Jl. Jendral Sudirman Makassar, Minggu (21/4/2019).

Di Sulsel saat ini ada tujuh daerah yang mekiliki potensi untuk mengembangkan pengrajin sarung sutera.

Ketua Dekranasda Sulsel yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Liestiaty F Nurdin, dalam sambutannya mengatakan, kedepan PKK Sulsel akan membantu khusus untuk pengerajin di tujuh daerah itu.

"Ini kali pertama kita adakan, bagaimana kita budayakan dan melestarikan sarung Sulawesi Selatan. Hari ini kita memasyarakatkan sarung dan bagaimana kita membantu dan menyemangati para pengerajin di Sulawesi Selatan, khususnya pengrajin penenun dari tujuh daerah," jelas Lies.

Menurutnya, festival yang bertajuk Pertunjukan Karya para Perempuan Sulsel untuk Negeri ini, bertujuan untuk mendorong peningkatan potensi ekonomi. "Ini terkait untuk peningkatan ekonomi para pengerajin kita," ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut akan berlanjut setiap tahunnya bersama seluruh stakeholder yang ada, dan khususnya para pemangku organisasi perempuan di Sulsel.

"Insya Allah tahun depan kita bisa tetap laksanakan. Hari ini juga kita rayakan dalam rangka memperingati hari Kartini," jelasnya.

"Kita melakukan kerjasama dengan seluruh organisasi wanita, termasuk Ibu Panglima atau Ibu Persit, Ibu dari Jalasnasri, Ibu Bayangkari, dan juga Via serta seluruh organisasi wanita termasuk JKI, Forwosi, PKK dan Dekranasda," bebernya. 

Festival tersebut dirangkaikan dengan sejumlah acara, yakni Fashion Show Dewasa, Fashion Show Anak-anak, juga ada pemeriksaan kesehatan gratis, door prize serta hadiah menarik untuk pemilihan best custom dan best community, serta masih banyak hadiah lainnya. 

Minggu, 21 April 2019 (Srf/Na)

Register For Vote