Di HUT Bulukumba, Gubernur Beri Bantuan Rp 23 M

blog-detail.jpg

Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah memberikan bantuan senilai Rp 23 miliar untuk masyarakat Bulukumba. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan keuangan sebesar Rp 15,2 miliar untuk pembangunan/pengaspalan akses wisata Bira, Bara dan Mandalaria, Rp 6 miliar untuk pembangunan Jembatan ruas Bantang-Tabuang-Kindang-Munte, serta Rp 1,8 miliar untuk pembangunan jalan Kindang - Munte. Selain itu, diserahkan pula bantuan satu unit ambulans.

Bantuan tersebut diserahkan Nurdin Abdullah pada peringatan Hari Jadi Bulukumba ke-59, yang dipusatkan di halaman Masjid Islamic Center Dato Tiro, Senin (4/2/2019).

"Memperingati Hari Jadi ke-59 Bulukumba ini, saya ingin memanfaatkan kesempatan ini,  atas nama pemerintah dan masyarakat Sulsel menyampaikan selamat," ucapnya.

Untuk mendorong pembangunan infrastruktur, Nurdin Abdullah telah menyampaikan ke Bupati Bulukumba Sukri Sappewali, bahwa Bulukumba bukan hanya sebagai pusat pertumbuhan, tetapi juga pusat wisata unggulan Sulsel. Kemudian, atas petunjuk Bupati, dia mencoba bersama-sama membuat program, terutama membenahi kawasan wisata.

"Apa yang disampaikan Pak Bupati Rp 68 miliar itu belumlah cukup untuk membenahi beberapa sektor unggulan kita. Tetapi memang dibutuhkan perencanaan yang bagus. Tahun ini, kita ciptakan perencanaan yang bagus untuk program 2020," jelasnya.

Destinasi wisata unggulan, menurut Nurdin Abdullah, akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pariwisata juga akan menggerakkan sektor lain. Sementara, untuk mendukung pariwisata juga diperlukan konektivitas, sehingga diperlukan hadirnya airport (bandara).

"Tentu Bulukumba perlu dibangun air port dan cikal bakalnya sudah ada. Dan ini sudah saya laporkan dan Presiden RI sudah memerintahkan Menteri Perhubungan untuk melanjutkan rencana ini," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menandatangani prasasti peresmian gedung baru DPRD Bulukumba dan Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba.

Selain bantuan Rp 23 miliar dan satu unit ambulans, Pemprov Sulsel juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 68,57 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Sementara, Bupati Bulukumba Sukri Sappewali, menuturkan, salah satu indikator kemajuan suatu daerah adalah penghargaan dari berbagai sektor, termasuk indikator lainnya berupa data-data statistik. Demikian juga untuk Bulukumba. Terkait kinerja Pemerintahan Kabupaten Bulukumba pada tahun 2018, mendapat predikat sebagai Kabupaten Berkinerja Tertinggi ke-9 Nasional dari Kementerian Dalam Negeri.

"Menjadi berkah tersendiri bagi Bulukumba. Di berbagai kesempatan, Pak Gubernur selalu berkomitmen mengakselerasi pembangunan di wilayah selatan. Khususnya Bulukumba dalam menuntaskan sektor pariwisata, pembangunan Bandar Udara di Bonto Bahari, yang merupakan program andalan untuk memajukan destinasi kita di Sulsel," pungkasnya.

Senin, 04 Februari 2019 (Srf/Er)

Register For Vote