Disbudpar Launching Branding Pariwisata Sulsel

blog-detail.jpg

Setelah berhasil dengan branding pariwisata Visit South Sulawesi pada tahun 2012 lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel akan melaunching branding pariwisata Sulsel yang baru, Explore South Sulawesi. Launching Explore South Sulawesi akan dilaksanakan di terminal keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin, hari ini, Jumat (29/1/2016).

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Sulsel, Devo Khaddafi, mengatakan, Explore South Sulawesi merupakan branding pariwisata yang baru, setelah Visit South Sulawesi yang dilaunching tahun 2012 lalu. Explore South Sulawesi dimaksudkan agar wisatawan yang datang ke Sulsel bisa mengeksplore atau menjelajahi seluruh destinasi wisata di Sulsel.

"Di Sulsel kita mempunyai banyak sekali destinasi wisata. Bukan hanya Toraja, Bira, dan Taka Bonerate, tetapi banyak lagi. Saat menjelajahi Sulsel, tidak akan ada habisnya. Makanya, kami memilih kalimat Explore South Sulawesi, Never Ending Story," kata Devo, Kamis (20/1/2016).

Ia menjelaskan, launching branding baru tersebut akan dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Disbudpar Sulsel dengan Angkasa Pura I. MoU tersebut terkait peningkatan layanan informasi pariwisata dan budaya di bandara. 

"Kami berharap, dengan adanya pusat informasi pariwisata di bandara bisa memberi impact yang lebih baik untuk peningkatan pariwisata. MoU ini merupakan sebuah langkah maju dan nyata dimana Disbudpar Sulsel sebagai leading sektor akan menyiapkan materi-materi promosi destinasi wisata dan event wisata di area atau titik promosi di Bandara Sultan Hasanuddin," jelasnya.

Menurut Devy, MoU tersebut akan berjalan selama tiga tahun, namun bisa diperpanjang dan diperluas. Dipilihnya bandara sebagai lokasi promosi, mengingat ada 10 juta penumpang yang menggunakan Bandara Sultan Hasanuddin setiap tahunnya, sehingga dinilai sebagai pasar potensial untuk promosi.

"Ada beberapa titik strategis yang ada di area dalam terminal keberangkatan maupun kedatangan yang akan diisi dengan foto-foto destinasi dan jadwal even pariwisata. Kami akan menjadikan bandara sebagai pusat informasi pariwisata," imbuhnya.

Ia menambahkan, branding baru pariwisata Sulsel akan dilaunching Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo didampingi Kepala Disbudpar Sulsel, H. Jufri Rahman, serta Direksi Angkasa Pura I.

Kamis, 28 Januari 2016 (Dw/Ht)

Register For Vote