Dua Tahun Memimpin Sulsel, Gubernur Sulsel Dipenuhi Prestasi

blog-detail.jpg

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang dilantik pada tanggal 5 September 2018 lalu, terus bekerja maksimal dalam mewujudkan Visi dan misi yang merupakan instrumen pengendalian arahan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Pasangan dengan Visi, Sulsel Maju Mengusung Visi Sulsel yang Inovatif, Produktif, Kompetitif, Inklusif dan Berkarakter menjabar visi tersebut dalam Misi yang didasarkan pada empat fungsi utama pemerintahan, yakni, melayani (services), membangun (development), memberdayakan (empowerment) dan mengatur (regulating).

Dalam Dua tahun terakhir, keberhasilan Gubernur Nurdin Abdullah bersama wakilnya Andi Sudirman Sulaiman memimpin Provinsi Sulsel terus mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak baik tingkat nasional maupun internasional.

Dua bulan pertama sejak memimpin Provinsi Sulsel, telah membawa Pemprov Sulsel meraih empat penghargaan. Salah satu penghargaan terbaik yakni Laporan Keuangan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sulsel juga sebagai provinsi yang inovatif dalam pelayanan publik, dengan meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik melalui Inovasi Sejuta Ikan. Serta penghargaan kelembagaan Berkinerja Utama dalam menguatkan SIDA (Sistem Inovasi Daerah 2018.

Sedangkan pada tahun 2019, dimulai pada ajang Penghargaan Indonesia Maju 2018-2019 sebagai Trend Setter Pembangunan dan Inovasi Daerah.

Di bidang kesetaraan dan keadilan gender, Sulsel meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2019 dan prestasi Pemerintah Tata Kelola Pelayanan dan Penanganan Kasus Terbaik Indonesia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Juga sebagai Provinsi dengan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Terbaik.

Di bidang pariwisata, dari Menteri Pariwisata, Sulsel meraih penghargaan sebagai Daerah Wisata Unggulan.

Pada ajang Penganugerahan Kepala Daerah dan BUMD Terbaik 2019, Sulsel meraih tiga penghargaan sekaligus. Yakni, Provinsi dengan Tingkat Perekonomian Terbaik, Provinsi Terbaik Kedua untuk Kondisi Keuangan Terbaik, dan Peringkat Ketiga untuk Provinsi Terbaik.

Di bulan Agustus, Provinsi Sulsel meraih Peringkat 1 Budhipura Provinsi Anugerah Iptek dan Inovasi 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Nurdin Abdullah di Denpasar Bali, 28 Agustus lalu. Sulsel berada di peringkat pertama, disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pemprov Sulsel juga mendapatkan penghargaan Kategori Pemprov Terpopuler di Media Online dari Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019 di Banten.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah juga menerima Anugerah Paramakarya 2019 yang diserahkan lansung Wakil Presiden RI, Prof KH Ma'ruf Amin, di Istana Wakil Presiden, Kamis 28 November 2019 serta Tokoh Hutan sosial kategori Tokoh penggerak level kebijakan yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, didampingi Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Dalam bidang Layanan Publik, Pemerintah Prov Sulsel juga berhasil meraih penghargaan 40 Besar Pengelola Layanan Publik SP4N-LAPOR! dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Rencananya penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Tjahyo Kumolo di Jakarta, pada tanggal 9 Desember 2019. (Syarif)

Register For Vote