Dubes Republik Ceko Tertarik Kerjasama Potensi Alam Sulsel

blog-detail.jpg

Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček mengaku tertarik dengan potensi alam yang dimiliki Sulawesi Selatan untuk dapat dikerjasamakan.Selain di sektor pertanian, sektor pertambangan khususnya nikel menjadi salah satu potensi yang diliriknya.

Hal ini terungkap saat pertemuan antara Plt Gubernur Sulsel dengan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček bersama rombongan  di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, di Makassar, Senin (25/10/21).

Ketertarikannya Dubes ceko ke Sulawesi Selatan juga karena daerah ini merupakan hub dari Kawasan Indonesia Timur yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dibawah kepemimpinan Plt Gubernur.

"Kami tahu Sulsel ini hub dari Indonesia bagian timur. Kami juga melihat pertumbuhan ekonomi Sulsel juga cukup meningkat secara signifikan," tegasnya.

Dubes Republik Ceko ini pun berharap ada kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Republik Ceko dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi alam yang dimilikinya.

Sementara itu, Plt Gubernur sulsel menjelaskan, kedatangan Jaroslav yang di dampingi istri dan Konsulat kehormatan Republik Ceko, Subhan Alwi Hamu, yakni untuk membicarakan kemungkinan kerjasama Pemprov Sulsel dengan Pemerintah Republik Ceko.

"Jadi mereka mau melihat potensi termasuk disektor pertambangan. Mereka juga mau melihat sistem hydroplan atau pembangkit listrik tenaga air, dan melihat potensi lainnya, termasuk kereta api juga mereka mau lihat," katanya.

Selain pertambangan dan pembangkit listrik, Plt Gubernur juga mengaku ada beberapa sektor lainnya yang menjadi tawaran Pemprov Sulsel untuk dikerjasamakan, diantaranya di sektor pertanian dan pariwisata.

"Saya tadi tawarkan terkait tindak lanjut pangan, padi, pertanian lainnya juga kalau ada potensi ekspor impor kedua negara," ungkapnya.

Bahkan, kata Plt Gubernur, Dubes Republik Ceko cukup tertarik dengan potensi alam yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan. Untuk itu, pihak  Dubes Ceko mengaku akan mengirim tim terlebih dahulu untuk melihat beberapa potensi yang dapat dikerjasamakan di Sulawesi Selatan.

Senin, 25 Oktober 2021 (Diskominfo)

Register For Vote