Gubernur Buka Forum OPD Dinas Sosial Sulsel

blog-detail.jpg

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo membuka acara Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (20/3/2018) di Hotel Gammara Makassar.

Kegiatan ini untuk mempertajam penyelarasan dan klarifikasi atas usulan, masukan dan harapan terhadap program-program dan kegiatan, indikator, target sasaran, pagi indikatif dan lokasi kegiatan sesuai dengan kewenangan dalam rangka mencapai tujuan dan penyelarasan perangkat daerah sesuai tujuan dan fungsinya. Forum ini juga dalam rangka penurunan angka kemiskinan dan penanganan Penyandang Masalah Kesejateraan Sosial (PMKS), serta penguatan dan pengembangan profesionalitas potensi sumber kesejateraan sosial (PSKS) dalam masalah penanganan masalah kesejahteraan sosial. 

Gubernur berharap dari kegiatan ini dapat membangun perencanaan yang lebih konkrit dan realistis, sangat terukur termasuk pada masalah kesejahteraan sosial. 

"Ini harus membangun perencanaan yang lebih konkrit dan realistis, sangat perlu terukur, terkait apa saja, termasuk masalah kesejahteraan sosial," kata Syahrul. 

Kemudian harus ada target yang ingin dicapai, mulai dari desa, kecamatan, kabupaten-kota dan provinsi. Semua agar jelas arahnya, semua target terperinci.

Gubernur juga menargetkan dari rapat di forum ini, dapat menargetkan penurunan angka kemiskinan satu hingga dua persen walapun hal ini tidak mudah. 

"Saya tadi menargetkan untuk turun satu sampai dua persen lagi angka kemiskinan dan kerawanan sosial kita. Dua persen itu tidak gampang, dan itu cukup besar," kata Syahrul. 

Diketahui, berdasarkan data BPS, persentase penduduk miskin Sulsel pada bulan September 2017 sebesar 9,48 persen.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ilham Gazaling menyebutkan, hal-hal terkait teknis dengan Dinas Sosial kabupaten-kota, serta telah didapatkan data kesimpulan dari data yang diperoleh. 

"Data ini akan menjadi dasar untuk mengambil keputusan yang efektif dan tepat sasaran," ucapnya. 
  
Andi Ilham menyebutkan, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir upaya optimal telah dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Sulawesi Selatan.

Diantaranya, penurunan penduduk miskin sebanyak 504.225 jiwa, seperti, melalui Pelaksanaan Pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (Kube) sebanyak 92.760 jiwa (2.409 Kube) dalam rangka penurunan kemiskinan melalui Program Penanganan Fakir Miskin Pedesaan dan Perkotaan. 

Penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial sebanyak 75.756 jiwa. Penguatan potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS) melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Organisasi Sosial sebanyak 14 Lembaga atau 8.680 jiwa melalui program pemberdayaan sosial peroarangan, keluarga dan kelembagaan masyarakat. 

Selasa, 20 Maret 2018 (Srf/Na)

Register For Vote