Gubernur Lantik Sepuluh Pasang Kepala Daerah Terpilih

blog-detail.jpg

Gubernur Sulsel, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si.,MH atas nama Presiden RI, melantik dan mengambil sumpah jabatan sepuluh pasangan kepala daerah terpilih, di Halaman Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (17/2/16). Masing-masing, Adnan Purichta IYL - Abd Rauf Krg Kio (Gowa), Andi Kaswadi Razak - Supriansa (Soppeng), Andi Idris Syukur - Suardi Saleh (Barru), Indah Putri Indriani - Thahar Rum (Luwu Utara), Thoriq Husler - Irwan Bachri Syam (Luwu Timur), Syamsuddin A Hamid - Syahban Samanna (Pangkep), AM Sukri Sappewali - Tomy Satria (Bulukumba), Hatta Rahman - Harmil Mattotorang (Maros), Basli Ali - Zainuddin (Selayar), dan Nicodemus Biringkanae - Victor Datuan Batara (Tana Toraja).

Syahrul dalam sambutannya, mengingatkan agar kandidat yang kalah dalam pemilihan kepala daerah yang lalu tidak berkecil hati dan tetap menyumbangkan pikiran mereka untuk kemajuan daerahnya. Apalagi, mereka bisa berkompetisi lagi lima tahun yang akan datang secara sehat. Semua visi dan misi bisa disinergikan. 

"Kemenangan bukan hanya milik para pemenang, kerabat, dan tim sukses, tapi kemenangan seluruh rakyat," kata Syahrul.

Ia menyampaikan, proses pemilihan kepala daerah sudah selesai sejak dilakukannya pelantikan. Tim sukses atau tim apapun juga seharusnya dibubarkan. Semua harus fokus pada program pemerintah. Begitupun dengan segenap anggota dewan, jajaran muspida, tokoh masyarakat, harus mengawal jalannya pemerintahan.

"Bupati yang baru dilantik harus mampu merealisasikan janji-janji kampanyenya. Hari ini, kalian bukan lagi menjadi yang kemarin. Kalian sudah menjadi orang terhormat di daerah masing-masing, tumpuan dan harapan rakyat," ujarnya.

Saat ini, lanjut Syahrul, Sulsel menjadi provinsi terbaik yang ada di Indonesia dan sepuluh daerah tersebut ada didalamnya. Karena itu, para pasangan kepala daerah harus mampu memperlihatkan langkah-langkah yang makin baik, akseleratif, baik dari segi kedamaian, ketentraman, keteraturan, dan kenyamanan hidup bersama seluruh masyarakat Sulsel. 

"Mulai hari ini, pemimpin baru telah hadir, pemimpin dengan potensi yang lebih baik. Pemimpin yang harus memastikan hidup rakyat yang lebih sejahtera," tegasnya.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini berpesan agar pasangan kepala daerah menjamin perjalanan kehidupan rakyat, menjamin akselerasi politik secara damai dan santun. 

"Tidak ada negara dan daerah yang baik tanpa stabilitas politik. Mari kita pastikan ekonomi kita makin baik. Ekonomi menjamin makannya rakyat, pendapatan rakyat yang makin baik, lapangan kerja, langkah pasti mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Hal ini bisa dilakukan kalau semua turun tangan," imbaunya.

Tak lupa Syahrul mengingatkan para bupati dan wakil bupati untuk memperhatikan pendidikan anak-anak agar lebih baik dan berkualitas, serta pelayanan kesehatan yang makin baik. Air bersih dan listrik juga harus menjangkau hingga ke pelosok desa. Inflasi harus dijaga dan sembilan bahan pokok rakyat harus terpenuhi. Begitupun dengan ketersediaan obat-obatan.

"Pejabat jangan hanya di belakang meja, tapi harus turun di lapangan mengecek langsung. Sulsel saat ini adalah peraih 182 penghargaan nasional, diantaranya Bintang Mahaputera Utama dan Pataka Purnakarya Nugraha. Tentunya, hal tersebut bukan yang mudah untuk diraih, sehingga dibutuhkan dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Sulsel," paparnya.

Di akhir sambutannya, gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara pemilihan kepala daerah, KPU dan Panwaslu, TNI dan Polri yang berhasil menjaga keamanan jalannya pemilihan kepala daerah, serta seluruh karateker bupati di sepuluh daerah yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Usai pelantikan sepuluh pasangan kepala daerah, juga dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK sepuluh kabupaten oleh Ketua TP PKK Sulsel, drg Ayunshri Syahrul, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel.

Rabu, 17 Februari 2016 (Dw/Na)

Register For Vote