Gubernur Minta PKK Lebih Dekat ke Masyarakat

blog-detail.jpg

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, meminta agar Tim Penggerak (TP) PKK bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat, melalui program-programnya, khususnya di sektor pendidikan dan kesehatan. TP PKK juga seharusnya menjadi organisasi paling kuat, karena memiliki infrastruktur yang lengkap.

"Program-program PKK harus bersinergi dengan program pemerintah daerah," kata Syahrul, saat menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah PKK Sulawesi Selatan, di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Senin (21/11).

Syahrul mengatakan, sudah saatnya PKK membuat gerakan-gerakan yang lebih proaktif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Misalnya, dengan menghasilkan cinderamata di daerah-daerah wisata. PKK juga sudah harus bekerjasama dengan organisasi-organisasi kemasyarakatan dan sosial lainnya.

"Tahun 2017, PKK bersinergi dengan Dinas Peternakan, Perikanan, Pertanian, dan SKPD lainnya. Buat program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Buat program yang tidak muluk-muluk, tapi hasilnya luar biasa untuk masyarakat," ujarnya.

Sementara, Ketua TP PKK Sulsel, drg Ayunshri Syahrul, mengatakan, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Sulsel diundur sampai sekarang karena menunggu hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas), termasuk kelembagaan yang harus disesuaikan. Rakerda sarat makna bagi TP PKK, karena ada beberapa hal mendasar yang harus dibahas secara teknis. 

"Setiap Rakerda, kita jadikan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukan TP PKK selama ini, apakah ada kemajuan," kata Ayunshri.

Dalam Rakerda, lanjutnya, juga dirumuskan strategi dan langkah-langkah dalam mewujudkan visi misi PKK. Siklus manajemen program dan kelembagaan, 10 program PKK perlu keselarasan dengan program pemerintah. TP PKK perlu menginformasikan, mengkonsolidasikan, dan mengkoordinasikan setiap programnya dengan pemerintah daerah. 

"Pelaksanaan program PKK, memang tanggung jawab pokja masing-masing. Tapi dalam pelaksanaan di lapangan, saya harap saling bersinergi antar pokja. Jangan pernah merasa berat atau beban dalam mengabdi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat," pesannya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Sulsel drg Ayunshri Syahrul, juga menyerahkan penghargaan kepada Pelaksana Terbaik Administrasi PKK dan Penataan Kantor PKK Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2016. Pelaksana Terbaik Utama I, II, dan III, masing-masing diraih Kabupaten Luwu, Kabupaten Takalar, dan Kota Parepare. Sedangkan, Pelaksana Terbaik Madya I, II, III, masing-masing diraih Kabupaten Sinjai, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Sidrap. 

Senin, 21 Nopember 2016 (Dw/Hr)

Register For Vote