Gubernur Sulsel Olahraga Melawan Kanker bersama Ribuan Warga

blog-detail.jpg

Ribuan orang mengikuti jalan santai, senam, sepeda santai, dan lari yang menjadi bagian dari kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang dipusatkan di Makassar, Minggu (10/2/2019). Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah, mengatakan, kanker dilawan dengan cara pola hidup sehat. 

"Pola hidup dan pola makan menjadi pemicu munculnya kanker, terutama stres," ujarnya. 

Olahraga yang dipusatkan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel ini merupakan bagian dari upaya untuk melawan kanker. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan berbagai kegiatan lain yang kesemuanya untuk hidup sehat tanpa kanker.

Panitia Divisi Olahraga, dr. Fahriansjah, menjelaskan, tujuan acara ini sebagai bentuk sosialisasi olahraga, makan sehat, pola hidup sehat, dan upaya bersama-sama memerangi plastik yang saat ini sudah banyak diduga sebagai salah satu penyebab kanker.

"Kita berharap semua masyarakat Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi untuk sama-sama memerangi plastik," ujarnya. 

Salah seorang peserta, Wahyuni, mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya melawan kanker. "Kita ikut berolahraga di kegiatan ini sebagai upaya untuk hidup sehat dan melawan kanker ini. Ini bagus, saya datang bersama teman sekira 50 orang," ujarnya.

Selain itu, sebelumnya kemarin dilaksanakan rangkaian kegiatan, yakni acara Seminar Nasional di Gedung Pertemuan CPI, dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia Cabang Sulsel yang dipimpin Liestiaty Fachruddin Nurdin Abdullah.

Liestiaty memilih Ketua Penggerak PKK kabupaten dan kota sebagai koordinator cabang di masing-masing daerahnya.

Peringatan Hari Kanker Sedunia di Indonesia dipusatkan di Makassar. Berbagai kegiatan yang dilakukan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia adalah seminar nasional yang dirangkaikan musyawarah daerah di Gedung Pertemuan CPI, Pantai Losari Makassar, jamuan makan malam dan pengumpulan dana serta olahraga. 

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Sekprov Sulawesi Selatan, Ashari F Radjamilo, Walikota Makassar, Danny Pomanto, Plt Kadinkes Provinsi Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso, Ketua YKI Pusat, Prof Dr dr Aru Sudoyo, Sp.PD-KHOM, Ketua YKI Provinsi Sulsel, Ketua Persatuan Onkologi Indonesia SulSel - Prof Dr dr Syahrul Rauf Sp.OG(K) sekaligus ketua panitia acara. Serta Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Dr. Slamet, MHP mewakili Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang merupakan Menteri Kesehatan RI. 

Minggu, 10 Februari 2019 (Srf/Na)

Register For Vote