Hasan Sijaya: Soppeng Mampu Mewarnai Gerakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel

blog-detail.jpg

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H mengatakan bahwa Soppeng mampu mewarnai gerakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Sulawesi Selatan, terakhir di Surabaya Desember 2019 kemarin Soppeng mampu mengharumkan nama Sulsel setelah dua perpustakaan desa di Soppeng yakni Perpusdes Marioriawa dan Perpusdes Ganra mampu meraih prestasi sebagai perpustakaan desa terbaik dari 300 desa penerima manfaat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di seluruh Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Hasan Sijaya pada saat melakukan pertemuan dalam rangka roadshow DPK Sulsel di Kabupaten Soppeng, di Trile 8 Riverside Resort Soppeng, Selasa (11/2/20), yang dihadiri jajaran Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Soppeng.

Lebih lanjut Hasan menegaskan, Roadshow DPK Sulsel ke kabupaten/kota ini adalah untuk memperkuat sinergi dengan daerah, apalagi DPK Sulsel telah menjadikan tahun 2020 ini sebagai tahun kinerja, dengan motto kerja, kerja, kerja dan berharap ini bisa ditularkan di daerah.

Hasan pada kesempatan itu juga mengatakan bahwa bentuk perhatian Provinsi ke DPK Soppeng sangat intens terbukti banyak kegiatan provinsi yang ditempatkan di Soppeng, termasuk kegiatan Sosialisasi Perluasan Transformasi Perpustakaam Berbasis Inklusi Sosial yang dilaksanakan di Soppeng pagi ini.

"Melalui pertemuan ini kita mendorong DPK untuk mengangkat harkat, derajat dan martabatnya di OPD daerah, dengan meyakinkan bahwa peran dan fungsi DPK ini sangat besar," ujarnya.

"Kalau kau mau daerahmu maju dan berkembang perhatikan perpustakaan dan kearsipannya. Kalau kau mau masyarakatmu cerdas tingkatkan minat bacanya melalui kegiatan di perpustakaan, dan pembangunan di bidang perpustakaan ini sudah menjadi prioritas nasional. Kalau kau mau sejarah dan budayamu tidak hilang perhatikan arsipmu," imbuhya.

Sementara itu Bupati Soppeng yang diwakili Asisten III Drs. Andi Fitratuddin, M.Si dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kunjungan DPK Sulsel ini di Soppeng ini sebagai salah satu bentuk perhatian provinsi ke kabupaten Soppeng, dan berharap mudah-mudahan ke depan kerjasama ini ke depan dapat lebih ditingkatkan lagi.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Soppeng yang diwakili Ketua Komisi III Haeruddin Tahang, S.E, yang pada kesempatan itu di dampingi Wakil Ketua dan dua orang Anggota komisinya, berharap agar pertemuan ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Dijelaskan juga bahwa pihaknya selama ini sangat mendukung kegiatan yang dilaksankan di OPD termasuk di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng. Salah satu bentuk perhatiannya dalam rangka peningkatan minat baca masyarakat, pihaknya meminta agar di setiap tempat wisata di Soppeng di tempatkan taman baca atau perpustakaan di sana dan ini sudah disikapi DPK Kabupaten Soppeng.

Kepala DPK Kabupaten Soppeng, Drs. Ridwan, M.Si yang memandu pertemuan ini berharap dengan dukungan yang diberikan Bupati, DPRD, dan DPK Sulsel ke depan prestasi DPK Soppeng dapat lebih ditingkatkan lagi.

Selasa, 11 Februari 2020 (naz)

Register For Vote