Ignite Indonesia by PERMIAS Nasional: Bakti Diaspora Pelajar Indonesia di Amerika Serikat

blog-detail.jpg

Gempita perayaan kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun tidak hanya bergema di tanah air, namun juga dari berbagai sudut dunia. Salah satunya, melalui torehan karya generasi muda terbaik Bangsa yang sedang melanjutkan studi di Amerika Serikat. Sekumpulan diaspora pelajar yang tergabung dalam PERMIAS Nasional mempersembahkan Ignite Indonesia by PERMIAS Nasional, sebuah rangkaian kegiatan daring yang menampilkan wawancara ekslusif dengan berbagai tokoh nasional. 

Tidak sekadar kaya akan penuturan nilai dan ilmu, Ignite Indonesia juga dihiasi penampilan musikal yang harmoni oleh Addie MS and Twilite Orchestra, Khatulistiwa Virtual Choir by Josodirdjo Foundation, Nial Djuliarso, Berklee Indonesian Ensemble, Pusakata, serta Isyana Sarasvati. Adapun kegiatan inti dibuka dengan pengantar oleh Bapak Bambang P.S. Brodjonegoro yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Yenny Wahid, Bapak Ilham Akbar Habibie, Ibu Sonita Lontoh, Ibu Julia Gouw, dan Ibu Mari Pangestu. Ditutup oleh Ibu Sri Mulyani Indrawati, Ignite Indonesia sukses menyajikan rangkaian kegiatan yang sarat makna. Selain dari itu ada juga beberapa penampilan singkat oleh beragam publik figur yang merupakan bagian dari Pentahelix Indonesia seperti Chatib Basri dan Septinus George Saa dari unsur Akademia, Wendy Yap, Sudhamek, Noni Purnomo, Axton Salim, Neneng Goenadi, Hermawan Kartajaya, Bernadette Ruth Irawati Setiady, Kevin Aluwi, Puri Hadiprana dan Gita Wirjawan dari unsur Pelaku Usaha, Nagita Slavina, Afgansyah Reza, Candra Wijaya, Rossa, Bryan Andrew, Rizky Febian, Gritte Agatha, Tissa Biani, Miller Khan, Raffi Ahmad,  Dennis Adhiswara, Arie Kriting, Pandji Pragiwaksono, Andre Taulany, Yoriko Angeline, Giulio Parengkuan, Gavin Kwan Adsit dan Bayu Skak dari unsur Tokoh Masyarakat, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Prof. Nurdin Abdullah, Destry Darmayanti, Rionald Silabandan Meutya Hafid dari unsur Pemerintahan, dan Winston Utomo (IDN Times) dari unsur Media.

Lebih jauh lagi, PERMIAS Nasional bekerjasama dengan doctorSHARE untuk melakukan penggalangan dana melalui Kitabisa.com terkait dengan kegiatan ini. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk penyediaan alat pelindung diri kepada petugas kesehatan di berbagai rumah sakit daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Indonesia. PERMIASNasional sendiri menargetkan jumlah dana terkumpul sebesar Rp 500.000.000 yang nantinya akan disumbangkan dalam bentuk paket alat pelindung diri yang masing-masing dianggarkan senilai Rp 10.000.000. Terhitung sejak dimulainya penggalangan dana pada tanggal 10 Agustus 2020 dan berlangsungnya kegiatan Ignite Indonesia, PERMIASNasional bersama dengan doctorSHARE berhasil mengumpulkan Rp. 233.070.000. Donasi tetap akan dibuka sampai dengan tanggal 31 Agustus 2020 melalui situs donasi di kitabisa.com/igniteindonesia.

Euforia cinta tanah air begitu terasa sepanjang acara dilaksanakan. Tidak hanya dihadiri oleh kalangan diaspora Indonesia di Amerika Serikat, Ignite Indonesia juga diikuti oleh kalangan profesional dan mahasiswa di Indonesia serta berbagai negara lainnya. Secara total, lebih dari 3.000 peserta dari berbagai mancanegara tercatat mengikuti kegiatan tersebut. Video tetap dapat ditonton untuk 24 jam kedepan lewat situs ignite.permiasnasional.com.

Melalui perhelatan Ignite Indonesia, PERMIAS Nasional membuktikan bahwa menorehkan sejarah dan bakti pada tanah air tidak memandang batasan geografis. Indonesia, kami siap berbakti, Dirgahayu Indonesia yang ke-75, Indonesia Maju.

 

18 Agustus 2020

Penulis: Gresika Bunga Sylvana & Andrew Marsha Mulia

Register For Vote