Kapal AL Berlabuh di Makassar

blog-detail.jpg

Suara musik merdu, meliuk-liuk dan berputar khas musik Hindustan memecah keheningan malam, semakin indah dengan hadirnya suara rintik-rintik hujan yang ikut menari, begitu Indah, langsung mengingatkan pada lagu-lagu yang begitu akrab dan tidak asing di telinga, menghadirkan nostalgia akan film-film Bollywood. 

Orang-orang yang hadir pun, tanpa dikomando ikut terhipnotis menyanyi dan menari, menggerakkan kaki, tangan dan seluruh tubuh. 

Termasuk yang hadir malam itu,  Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono dan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto juga ikut larut menarik dengan lincah bak Shahrukh Khan dan Amir Khan menghipnotis mata semua yang hadir. Lagu dari film Kuch Kuch Hota Hai dan Koi Mil Gaya diperdengarkan. 

Kapal Angkatan Laut India, yakni Ins Shakti (A57) dan Ins Kamorta (P28) memang sedang berlabuh dipelabuhan terbesar di Indonesia bagian timur tersebut. Atase Pertahanan India memang sedang menggelar acara jamuan makan malam. 

"Indian Dance (tarian India) ini memang energik ya, saya kira bangus banget," kata Soni Sumarsono yang kemudian disambut tawa oleh Laksamana Muda Kapal Perang India, Dinesh K Tripathi dan Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono beserta jajajaran demikian juga tamu yang hadir. Dinesh langsung membalas bahwa justru tarian Indonesia yang lebih energik. 

Sumarsono juga mengaku menikmati menu makanan khas India yang disajikan. 
Lanjut Sumarsono, kunjungan semacam ini tujuannya mempererat hubungan persahabatan bilatela antara Indonesia dan India.

"Indonesia dan India sangat close (dekat) baik secara politik, sejarah dan budaya. Ini akan menambah dan mempererat lagi, utamanya sebagai jembatan laut. Bahwa laut bukanlah pemisah tetapi pemersatu kita," sebutnya. 

Dengan hubungan yang baik, maka kekuatan dua negara juga akan semakin bagus. Terutama di sektor maritim. 

Kedua negara telah memiliki banyak perjanjian kerjasama khususnya Sulsel. 

"Saya kira ini akan semakin mengukuhkan kembali kerjasama yang lebih baik tidak hanya hari ini tetapi ke depan," harapnya. 

Sementara, Dinesh K Tripathi menyampaikan sebagai negara bertetangga di bidang maritim,  hubungan kedua negara harus ditingkatkan, apalagi memiliki hubungan kuat pada banyak dimensi sejak sama dahulu. 

Karena hal tersebut saat berkunjung ke Indonesia, Ia merasa seperti di rumah sendiri di India. 

"Ketika datang ke Indonesia, datang ke Makassar, kita merasa seperti di rumah sendiri, keramah tamahan yang baik. Baik dari Gubernur dan Wali Kota serta warganya," ujar Laksmana Muda yang telah tiga kali berkunjung ke Indonesia ini. 

Sementara itu, Konsulat India Jenderal (Konjen) India Sunil Babu menyampaikan kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan hubungan persahabatan Perdana Menteri India bulan lalu. 
Diketahui, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana

Merdeka, Rabu (30/5). Lawatan kenegaraan Modi digelar dalam rangka menyambut 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India tahun depan.

Presiden Jokowi dan PM Modi menandatangani sejumlah perjanjian kerja sama, salah satunya sektor pertahanan.

Senin, 25 Juni 2018 (Srf/Na)

Register For Vote