Negara ASEAN Gelar Pertemuan Teknologi Stasiun Bumi Penginderaan Jauh

blog-detail.jpg

*Diskominfo Sulsel Terima Akun dan Data Citra Satelit dari LAPAN

Sub Komite ASEAN Cost (Scosa Space Technology and Application) kembali menyelenggarakan Lokakarya tahunan terkait pertukaran keahlian dan pengalaman dibidang Stasiun Bumi Penginderaan Jauh bagi Negara-negara ASEAN dengan tema 7th ASEAN Workshop on Remote Sensing Ground Station Express Exchange di Swiss Bell Hotel Makassar, Selasa (13/8/2019).

Menurut Deputi Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jarak Jauh Lembaga Penerbangan dan Antarakisa Nasional (LAPAN), Dr. Orbina Roswintiarti bahwa acara ini dilaksanakan di Indonesia dengan tuan rumah LAPAN.

Kegiatan ini digagas sebagai upaya mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Satelit Penginderaan Jarak Jauh dan pembangunan di Kawasan ASEAN, bagi Negara-negara anggota ASEAN sendiri. Hal itu selaras dengan langkah pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs).

Sebelum acara Sosialisasi dimulai telah dilakukan penyerahan peta Citra Kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Prov Sulsel oleh Deputi Teknologi Data Penginderaan Jarak Jauh, Dr. Orbina Roswintiarti dan penyerahan akun SPACEMAP oleh Kepala Pusat Teknologi Data Penginderaan Jarak Jauh, Ir Dedy Irawandy yang diterima oleh Kepala Bidang Layanan e-Government dan Pengelolaan Data, Drs. Lukmanuddin, M.M mewakili Dinas Kominfo Sulsel. Disamping itu juga dilakukan penandatanganan antara LAPAN dan Unhas.

Menurut Lukmanuddin, bahwa akun yang diberikan oleh Pusat Teknologi Data Penginderaan Jarak Jauh akan digunakan untuk mengakses portal yang berbasis data Geopassial dari LAPAN, untuk mengetahui perencanaan, monitoring dan evaluasi peta citra satelit seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini perwakilan dari Malaysia, Singapura, Thailand dan Indonesia serta penyedia data antara lain Maxar, Pasco, Zodic/Safran dan Sole Top.

Selasa, 13 Agustus 2019 (Lukman)
 

Register For Vote