Nurdin Abdullah Pastikan Penanganan Pemudik Berjalan Tertib

blog-detail.jpg

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah memastikan bahwa penangangan pemudik lebaran Idul Fitri tahun ini berjalan dengan sangat baik.

"Tahun ini adalah tahun paling tertib dalam penangan pemudik, jadi kita harus mengapresiasi dan tentu ini ada yang punya peran," kata Nurdin Abdullah pada acara Open House hari kedua di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (6/6/2019).

Apresiasi terutama ditujukan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah memberikan program mudik gratis. Bahkan Nurdin dan Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melepas langsung ribuan pemudik ke berbagai daerah.

"BUMN telah menyiapkan angkutan mudik secara gratis, disiapkan uang saku, dan disiapkan konsumsi untuk buka puasa di jalan," jelasnya.

Bukan hanya angkutan darat, badan usaha ini juga menyiapkan moda angkutan laut gratis bahkan hingga dilanjutkan dengan penjemputan bus hingga ke kampung halaman pemudik.

"Penumpang yang ada di Makassar tidak ada lagi di tengah jalan, di pinggir jalan menunggu angkutan lanjutan. Semua sudah dijemput di dalam pelabuhan dengan gratis. Jadi saya kira ini sebuah peran yang luar biasa," bebernya.

Dihadapan 24 kepala daerah yang hadir pada open house tersebut, Nurdin menitipkan mereka berkenan termasuk untuk pemulangan mereka.

"Saya titipkan warga kita Pak, karena kita tidak bekali untuk pulang Pak. Jadi siapa tahu ada inovasi, kenapa kita tidak bekali pulang, karena kita tidak tahu kapan mereka pulang," harapnya.

Paling tidak, program BUMN mudik gratis yang baru pertama kali dilakukan di Makassar ini bisa mengurangi beban mereka dari sisi biaya transportasi mudik.

"Saya kira yang penting berangkatnya sudah aman, mungkin pulangnya juga dengan keluarga masing-masing," tandasnya.

Kamis, 6 Juni 2019 (Srf/Er)

Register For Vote