OneData Pemprov Sulsel, Satu Aplikasi Sejuta Manfaat

blog-detail.jpg

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan, terus berinovasi. Dinas yang dinakhodai Andi Hasdullah ini, sudah sangat banyak program yang dibuat.

Tahu aplikasi 'Baruga Sulsel'. Yah, aplikasi ini mendapat jempol dari Kemenpan RB. Aplikasi Baruga Lapor SP4N Sulsel ini, berada di posisi rangking TOP 11. Menyisihkn ratusan instansi pemerintahan lainnya. Keren.

Terbaru, ada aplikasi OneData. Ini gebrakan baru lagi yang dibuat Diskominfo Sulsel. Kegunaannya, banyak. Boleh dibilang 'satu aplikasi, sejuta manfaat'.

Apa saja?

Seluruh data terkait OPD se-Pemprov Sulsel, harus dimasukkan dalam aplikasi onedatasulselprov.go.id.

Data terpusat ini, dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari perencanaan program, sebagai bahan pertimbangan gubernur dalam mengambil keputusan.

Yang utama, untuk kepentingan publik yang membutuhkan data. Bukan itu saja, juga akan menjadi acuan pihak swasta, jika ingin berinvestasi di Sulsel.

"Apa saja data yang bisa kita butuhkan atau yang mau kita lihat di Sulsel, kita hanya membuka aplikasi OneData itu, semuanya di situ sudah tersedia,” kata Hasdullah, belum lama ini.

Jadi, semua data tersedia di aplikasi itu. Data dari seluruh OPD lengkap, valid dan terupdate.

Bayangkan saja, dengan adanya aplikasi OneData Pemprov Sulsel ini, masyarakat bisa mendapat banyak informasi tentang Pemprov Sulsel.

Juga sejalan, dengan komitmen Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, yang ingin menjadikan pemerintahannya, sebagai contoh keterbukaan informasi publik.

Bahkan sangat tegas. Nurdin mengimbau kepada seluruh OPD-nya, untuk melakukan keterbukaan informasi publik.

"OPD yang tidak melakukan keterbukaan, terpaksa harus kita tinggalkan. Nggak akan kita kasih peran apa-apa," tegas Nurdin Abdullah di rumah jabatannya, Selasa malam (11/12/2019). (Fathul Khair)

Register For Vote