Panitia Hari Kanker Sedunia Temui Gubernur Sulsel

blog-detail.jpg

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia Tahun 2019 yang akan dipusatkan di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, maka panitia penyelenggara Drs. H. Asri Sahrun Said, Prof. Dr. dr. Andi Asadul Islam, Sp.BS, Albert Charles Sompie (Ketua III / YKI Pusat sie organisasi), Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, Sp.PD, KHOM (Ketua Umum YKI Pusat), Dr. Alfiah Amiruddin, MD, M.Surg, Lolly Lodewyk dan Andi Oci Alepuddin, SH datang menemui Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur, Senin malam (24/12/2018). Gubernur dalam audiensi ini didampingi isteri, Ny. Liestiaty F. Nurdin.

Maksud kedatangan Andi Asadul bersama rombongan adalah untuk menyampaikan beberapa agenda yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Kanker Sedunia yang akan diselenggarakan di Makassar pada tanggal 9-10 Februari 2019 mendatang.

Andi Asadul menyampaikan, pentingnya kegiatan ini dilaksanakan mengingat bahwa kesehatan merupakan kesejahteraan fisik, jiwa dan sosial. Dengan keadaan sehat maka produktifitas akan meningkat, baik secara ekonomi maupun sosial. "Pemeliharaan kesehatan sangat perlu untuk seluruh lapisan masyarakat. Dengan tingkat pemeliharaan yang tinggi maka akan meningkatkan keadaan sehat dalam lingkungan masyarakat, produktifitas meningkat, sehingga berpengaruh pada peningkatan keadaan sosial dan ekonomi daerah," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah kebawah sangat rentan untuk ikut menjaga peningkatan kesehatan di lingkungan tempat tinggalnya.

"Atas dasar inilah, mengingat pentingnya kesehatan dan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, maka kami selaku panitia ingin mengajak serta seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kesadaran untuk menjaga peningkatan kesehatan," beber Andi Asadul.

Tema yang kami angkat pada kegiatan ini adalah “Healthy Life Against Cancer” (Melawan Kanker dengan Hidup Sehat).

"Alasan kami memilih tema ini adalah karena adanya hasil penilian yang dilakukan di Sulawesi Selatan bahwa 4 (empat) dari 10 (sepuluh) ekor ikan teri telah tercemar oleh microplastic," ungkapnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama peduli akan peningkatan kesehatan.

Hari Kanker Sedunia 2019 (World Cancer Day 2019) ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Seminar Nasional, Simposium Ilmiah, Olahraga (Jalan santai, Bersepeda dan Lari), kemudian Malam Ramah Tamah dan Galang Dana.

Acara ini dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Selatan dan Penyintas Kanker dari seluruh Indonesia.

Senin, 7 Januari 2019 (Er)

Register For Vote