Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2016 Tingkat Prov. Sulsel

blog-detail.jpg

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Simon, S. Lopang, SH.,MH bertindak sebagai  Inspektur pada Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun016 Tingkat Sulsel dengan mengambil tema “Tingkatkan Budaya K3 Untuk mendorong Produktivitas dan Daya Saing di Pasar Internasional”. Upacara berlangsung di Main Hall, Mall GTC Makassar, Kamis (25/02/2016).

Simon dalam sambutannya mengatakan, secara empiris Indonesia telah mencapai kemajuan yang cukup pesat hampir disemua sektor, khususnya di Sulawesi Selatan menunjukkan dinamiika yang lebih baik dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal ini dapat dilihat pada pertumbuhan ekonomi kita yang mencapai 8,64 %.

“Namun demikian dibalik kemajuan yang telah dicapai tersebut, masih terdapat keadaan yang tidak dikehendaki dibidang ketenagakerjaan, misalnya berupa bencana industri, kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta pencemaran kerugian materi seperti, kerusakan produksi, biaya pengobatan dan kompensasi,”tambahnya.

“Hasil survey Word Economic Forum telah mengaitkan antara daya saing dengan tingkat kecelakaan dan menyimpulkan bahwa daya saing suatu Negara ternyata berhubungan dengan tingkat keselamatan kerja. Negara dengan daya saing rendah memiliki tingkat keselamatan kerja yang rendah pula,”terangnya.

Simon meminta kepada pemimpin perusahaan, pekerja, serikat pekerja/serikat buruh, pemangku kepentingan terkait, dan masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan kecelakaan kerja melalui penerapan standar K3, sekaligus meningkatkan kemampuan bersaing di pasar global,”jelasnya.

Ia berharap partisipasi aktif para Bupati/Walikota, agar pembinaan dan pengawasan K3 dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peningkatan kesadaran, perilaku tenaga kerja dan masyarakat pada umunya untuk melaksanakan K3 di bidang dan lingkungannya masing-masing.

“Untuk itu, setidaknya terdapat tiga hal yang menjadi fokus perhatian yaitu Penguasaan K3 akan menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi standar internasional. Penguasaan standar K3 SDM akan memiliki daya saing yang lebih baik untuk merebut pasar kerja dan dengan budaya K3 kita dukung dan majukan investasi di Sulsel,” pungkasnya.

Kamis, 25 Februari 2016 (Ht)

Register For Vote