Pj Sekda Lepas CJH Embarkasi Hasanuddin Makassar 

blog-detail.jpg

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Tautoto Tana Ranggina melepas 455 Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter I Embarkasi Hasanuddin Makassar, di Aula Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (17/7/2018).
 
Musim Haji tahun 2018 bertepatan dengan musim panas atau kemarau di Negara Arab Saudi. Suhu di Arab Saudi saat ini bisa mencapai 53 derajat celcius. 

Menyikapi cuaca di Arab Saudi, Pj Sekprov Sulsel Tautoto Tana Ranggina mengimbau kepada Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia, untuk memperhatikan kesehatan selama berada di Medinah dan Mekkah. 

Ia mengatakan, di sela kesibukan beribadah di Tanah Suci Mekkah, Ia mrminta agar para CJH Indonesia, khususnya CJH asal Sulsel untuk memperhatikan pola makan. Termasuk memanfaatkan waktu luang untuk berolahraga ringan dan beristirahat dengan cukup. Dengan begitu, kondisi tubuh akan tetap fit dalam beribadah. 

"Karena ini (ibadah haji) sangat melelahkan, sebaiknya juga memanfaatkan waktu saat penerbangan untuk istirahat," kata Tautoto.
 
Ia berharap kepada CJH asal Sulsel agar mengikuti semua aturan yang mereka dapatkan saat manasik haji.

Selain itu, dia mengimbau kepada CJH Sulsel untuk fokus beribadah dan meninggalkan hal-hal yang dapat mempengaruhi kekhusukan ibadah haji.

"Tinggalkan hal-hal yang bisa mengurangi kekhusyukan ibadah," lata Tautoto. 

Dia mengatakan, perjalanan ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji merupakan dorongan keimanan, dan perwujudan rasa syukur kepada Allah atas rahmat dan karunia-Nya. 

Selain itu, Tautoto berharap kepada CJH untuk saling menjaga kebersamaan selama penyelenggaraan haji 2018 ini.

Di tempat yang sama, Tautoto berharap kepada CJH Sulsel agar berdoa semoga kuato haji di musim haji mendatang dapat ditambah oleh pemerintah Arab Saudi.

"Masa tunggu CJH Sulsel sampai saat ini masih 34 tahun," ungkapnya.

Selasa, 17 Juli 2018 (Srf/Na)

Register For Vote