Plt Gubernur Launching"Teman Bus" layani 4 Koridor Secara Gratis.

blog-detail.jpg

Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia Budi Setiadi bersama Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman serta didampingi Kepala Dinas Perhubungan provinsi sulsel Muhammad Arafah melaunching layanan teman bus melalui program buy the service pada trans mamminasata dikota maksssar. Di kawasan center point of indonesia (CPI) jalan metro tanjung bunga,Sabtu (13/11/21).

Budi Setiadi Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI mengatakan layanan teman bus melalui program buy the service sudah mulai dijalankan sejak tahun 2020 di beberapa kota yaitu di medan, yogya, solo serta kota lainnya.

"Teman bus ini kita kembangkan kembali dikota lainnya diindonesia termasuk di kota makassar untuk tahun ini yang tentunya nyaman,murah dan mudah diakses oleh masyarakat," ungkapnya.

Ia menjelaskan teman bus ini akan melayani 4 koridor yang akan mulai berjalan secara secara bertahap hingga akhir tahun ini.

"Pengoperasian di wilayah mamminasata dengan 4 koridor, koridor satu terminal malengkeri -unhas sepanjang 53 km, koridor dua bandara internasional sultan hasanuddin-mall panakkukang sepanjang 18 km, koridor tiga kampus PNUP -kampus 2 PIP sepanjang 51 km serta koridor empat pelabuhan soekarno hata -uin samata sepanjang 46 Km.yang diharapkan masyarakat dapat memamfaatkannya dan meninggalkan kendaraan pribadi," jelasnya.

Lebih jauh Budi setiadi mengaku pengelolaan teman bus adalah swasta dan semua proses lelang sesuai regulasi.

"Pengelolaan adalah swasta dan kami proses lelang sesuai ditentukan dalam regulasi kami hanya siapkan anggaran dan operator investasi kendaraan serta operasinya dan untuk awal angkutan masih gratis dan secepatnya pengusulan tarifnya,  kami hadir menunjang mobilitas masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Plt Gubernur Sulsel,Andi Sudirman Sulaiman Menyampaikan terimakasih atas perhatian Kementrian perhubungan ri atas hadirnya teman bus di Makassar.

"Terima kasih atas perhatian pak dirjen, yakin saja dengan lihat rutenya pasti akan aktif, apa lagi ada didalamnya rute unhas bandara pelabuhan dan kalau hadir di cpi ribuan akan datang mengingat wilayah strategis maminasata serta ditunjang tempat wisata seperti ke air terjun banting murung paling dekat dengan bandara, ke geopark rammang-rammang kars terindah," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Arafah mengatakan, Bus baru yang didatangkan dari jakarta ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai 10 malam.

“Operasionalnya mulai jam 5 pagi sampai jam 10 malam, semua bus baru didatangkan dari jakarta yang di urus oleh Kemenhub, teman bus ini masih gratis dulu kemudian nanti dilihat perkembangannya,” tuturnya belum lama ini.

Muhammad Arafah menambahkan, Teman bus ini akan memanfaatkan halte yang telah ada. “Haltenya memanfaatkan halte lama dan bisa saja di tempat lainnya, kita buatkan stiker dan ditempel saja,” tambahnya.

Program teman bus melibatkan Dishub Sulsel serta pengusaha transportasi lainnya. “Mereka memberdayakan orang kita, karena sopir pakai disini bus 87 unit,” pungkasnya.

Sabtu, 13 November 2021 (Diskominfo)

 

Register For Vote