PPBD SMA/SMK Sederajat Mulai Dibuka Bulan Juni

blog-detail.jpg

Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan akan mulai membuka jalur Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) pada bulan Juni 2019 mendatang. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo mengatakan, dalam pelaksanaan kali ini, pendaftaran pun dibagi dalam beberapa tahapan untuk memudahkan para calon siswa/siswi ini mendaftar. 

Untuk Boarding School, pendaftaran dan verifikasi data dilakukan pada 10-14 Juni 2019 mendatang, pengumuman pada 15 Juni dan daftar ulang 17-19 Juni.

Sekolah keberbakatan Olahraga, pendaftatan dibuka pada 10 Juni-10 Juli dan pengumuman pada tanggal 11 Juli dan daftar ulang 12-13 Juli.

Untuk pendaftaran SMA Negeri dan SMK Negeri, untuk jalur perpindahan dan Orang Tua/Wali dilakukan pada 17-21 Juni, pengumuman 22 Juni dan pendaftaran ulang pada 24-26 Juni.

Jalur zonasi/afirmasi (SMA), jalur akademik/afirmasi (SMK) 24 - 28 juni , pengumuman 29 juni  daftar ulang 1-3 Juli.

"Jika ada sekolah yang tidak terpenuhi kuotanya maka akan dibuka pendaftaran tahap kedua di sekolah tersebut,"kata Irman, Kamis (9/5/2019).

Irman Yasin Limpo menjelaskan, seleksi penerimaan Peserta Didik Baru tahap II untuk pemenuhan kuota dilakukan pada 1-9 Juli, pengumuman dilakukan pada 10 Juli dan pendaftaran ulang 11-13 Juli.

Ia menambahkan, pendaftaran tahun ini akan dimulai pada Juni nanti, dimana jumlah sekolah peserta PPDB tahun 2019/2020 untuk SMA Negeri sebanyak 334 sekolah, SMK Negeri 168, SMA swasta  250 dan SMK Swasta.

Untuk Madrasah Aliyah Negeri sebanyak 31 dan Swasta 352. Sedangkan sistem pendaftaran tetap seperti tahun lalu, melalui aplikasi atau secara online.

Untuk mekanisme pendaftaran, melakukan "login" dengan menggunakan Nomor Ujian Nasional, memilih jenjang SMA Negeri atau SMK Negeri, memilih jalur pendaftaran, mengisi formulir pendaftaran, mencetak "tanda bukti pendaftaran online" yang memuat nomor pendaftaran.

"Sistemnya sama, mendaftar melalui online. Jadi calon peserta didik baru yang akan mendaftar, lembaran nomor ujian sekolah harus disimpan karena ini akan digunakan,"pungkasnya.

Kamis, 9 Mei 2019 (Srf/ENa)

Register For Vote