Wagub: Soppeng Bisa Jadi Pilot Project Penanganan Covid-19

blog-detail.jpg

Upaya dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Soppeng dengan membuat Bus Uji Swab Keliling dalam menekan penyebaran Covid-19, mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sulsel,  Andi Sudirman Sulaiman. 

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman,mengaku inovasi yang dilakukan pemkab soppeng dalam penanganan virus corona bisa menjadi pilot project untuk daerah lainnya di Sulsel. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng atas inovasi yang dilakukan dalam penanganan Covid-19 hal itu bisa menjadi pilot project penanganan covid di Sulsel," kata Andi Sudirman, Rabu, 13 Mei 2020.

Dia menyebutkan percepatan penanganan covid-19 dengan memperbanyak test setiap hari yang dilakukan negara lain seperti vietnam dan korea mampu menekan penyebaran virus berbahaya ini. 

"Beberapa negara berhasil seperti Korea dengan memperbanyak test per hari termasuk Vietnam, dan Soppeng melakukan hal yang sama dengan test swab rentang D0 (deteksi 0 hari) dan D10 (deteksi 10 hari) masa inkubasi terutama masyarakat kecamatan zona merah, klaster positif, ODP (orang dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) dan diikuti program karantina yang terjaring, maka Insya Allah akan ada perubahan signifikan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Soppeng,"tutupnya. 

Sebagamana di ketahui Pemerintah Kabupaten Soppeng memiliki Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) swab dan ruang isolasi pasien Covid-19.

Pemkab Soppeng kembali menciptakan lagi mobil bus uji swab,yang nantinya akan berkeliling di delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng untuk uji sampel swab masyarakat secara massal.

Rabu (13 Mei 2020) Srf/Sr

Register For Vote