• Pada kegiatan Konsultasi dan Koordinasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Provinsi Papua Selatan

Makassar, sulselprov.go.id - Bidang Komunikasi dan Humas Diskominfo-SP Provinsi Sulawesi Selatan menerima kunjungan konsultasi dan koordinasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo-SP Provinsi Papua Selatan. 

Kepala Bidang Humas dan Komunikasi Diskominfo-SP Provinsi Sulawesi Selatan, Fitra didampingi beberapa staf menerima kunjungan tersebut dan memaparkan berbagai program kerja humas yang dengan tugas pokok dan fungsi Bidang KIP Provinsi Papua Selatan.

“Utamanya menyangkut program nasional yang wajib dilaksanakan dalam tugas pokok dan fungsi pelayanan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik,” jelas Fitra saat menerima kunjungan di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 29 Juli 2024.

Lebih lanjut, Fitra memaparkan mengenai program kerja nasional yang dimaksud adalah pelayanan keterbukaan informasi publik melalui layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), layanan pengaduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), serta Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Selanjutnya, Fitra juga menerangkan mengenai tugas dan fungsi dalam pelayanan publikasi berbagai kegiatan pemerintah melalui website resmi dan ragam platform media sosial agar berbagai program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dapat tersampaikan ke publik.

“Utamanya melalui website resmi yang berisi informas umum pemerintah provinsi hingga pemberitaan berbagai program kerja pemerintah provinsi serta media sosial agar dapat diakses oleh publik,” terangnya.

Fitra juga memberikan informasi terkait bimbingan teknis yang tersedia bagi pemerintah daerah di kawasan timur pada Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ada di Makassar.

“Bapak dan Ibu bisa memanfaatkan layanan bimbingan teknis secara gratis untuk pemahaman lebih lanjut terkait tugas dan fungsi di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik,” urai Fitra.

Sementara, Kepala Bidang IKP Provinsi Papua Selatan, F.A Peragi selaku pimpinan rombongan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sambutan hangat dan paparan yang disampaikan oleh Kabid Humas dan timnya.

“Kami bersyukur bisa diterima dengan baik, dan secara detail diberikan gambaran dan masukan berbagai program kerja yang ada di Bidang Humas Sulawesi Selatan yang dapat kami jadikan rujukan untuk menyusun program kerja di bidang kami,” ungkap F.A Peragi.

Ia menjelaskan Provinsi Papua Selatan merupakan provinsi baru yang terbentuk dari pemekaran dari Provinsi Papua pada tahun 2022. Sehingga kata dia, Bidang IKP di Diskominfo Provinsi Papua Selatan masih dalam tahap menyusun dan menyempurnakan berbagai program kerja untuk mendukung pelayanan informasi dan komunikasi publik pemerintahan provinsi yang beribukota di Merauke ini.

“Untuk itu kami melaksanakan konsultasi dan koordinasi di Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan hub untuk kawasan timur Indonesia,” imbuhnya. (*)