Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Selatan Sulsel, sedang menyiapkan database potensi dan kompetensi seluruh komponen ASN, terkhusus pada JPT Pratama dan Pejabat Administrator.

Diharapkan, database tersebut terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian, sehingga data yang telah terkumpul dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun profil ASN.
"Kami berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian dan pengembangan SDM terhadap seluruh ASN di wilayah kerja Pemprov Sulsel, sehingga terus berkembang ke arah yang lebih baik," kata Kepala BKD Sulsel, Asri Hasrun Said saat menghadiri acara Pendampingan Penerapan Manajemen Talenta ASN di Institusi Kluster Sulsel, yang diselenggarakan di Hotel Remcy Makassar, Rabu (19/6/2019).

Ia mengungkapkan, pengelolaan sumber daya manusia menjadi hal yang mutlak perlu dilakukan tatkala pemerintah ingin meningkatkan tingkat keberhasilan pelayanan publik.

Dengan dilakukannya kegiatan Pendampingan Penerapan Manajemen Talenta ASN di Institusi Kluster Sulsel, pejabat pembina kepegawaian pada masing-masing instansi akan memperoleh pemahaman bersama dari praktik-praktik yang telah berhasil bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Program Transformasi GIZ tentang bagaimana manajemen talent dapat terimplementasi di instansi.


"Melalui kegiatan ini, semoga persoalan-persoalan pelanggaran sistem merit kedepannya dapat dihilangkan khususnya di
Provinsi Sulsel," harapnya.

Selain itu, Asri berharap, tercipta pemahaman dan komitmen yang sama dalam mewujudkan penerapan manajemen ASN yang berbasis kompetensi. Mulai dari sistem rekruitmen, penempatan, pengembangan dan promosi jabatan,
guna menciptakan SDM aparatur yang lebih berkompeten dan profesional dalam tugas-tugas pelayanan publik yang prima.

Peserta yang hadir, berasal dari Pejabat Kantor Regional IV BKN Makassar, Pejabat Puslatbang KMP LAN Makassar dan Pejabat di lingkup BKPSDM pemerintah daerah se Sulsel. Acara tersebut juga dihadiri Agus Yudi Wicaksono selaku Kepala Bidang Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama dengan Tim Program Transformasi GIZ.

Rabu, 19 Juni 2019 (Srf/Er)