Makassar, sulselprov.go.id - Sebanyak 24 orang pasien penderita katarak menjalani operasi secara gratis yang digelar Rumah Sakit Haji, Makassar, Sabtu, 19 Oktober 2024. Pelaksanaan operasi gratis ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke 355.

Direktur RSUD Haji, dr Evi Mustikawati Arifin, menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Sulsel ke 355 yang diadakan RS Haji Makassar bekerjasama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulsel, dan didukung oleh Bank Indonesia.

Terkait jumlah peserta, Evi mengaku, sebanyak 77 orang yang telah mendaftar untuk menjadi peserta bakti sosial Operasi Katarak. Namun, setelah dilakukan screening dan dinyatakan memenuhi persyaratan itu sebanyak 24 orang," katanya.

Operasi katarak ini, kata Evi, menyasar kelompok masyarakat kurang mampu dan kelompok masyarakat lanjut usia (Lansia). Kalangan lansia, diakuinya sebagai salah satu kelompok masyarakat yang paling rentan mengalami penyakit katarak. Sehingga, lansia menjadi salah satu kelompok prioritas.

Kelompok lainnya, lanjut Evi, yakni masyarakat penderita katarak dari wilayah terpencil atau yang jauh dari fasilitas medis. Kelompok ini sering menjadi sasaran utama karena akses terhadap layanan kesehatan yang terbatas. Terdapat juga kelompok pekerja informal. Pekerja yang tidak memiliki asuransi kesehatan atau tunjangan kesehatan, juga sering menjadi target operasi katarak gratis. 

"Sasaran peserta lainnya, yakni pasien dengan komplikasi katarak atau mereka yang sudah mengalami penurunan penglihatan akibat katarak dan belum mendapatkan penanganan medis," tutupnya. (*)