Makassar, sulselprov.go.id - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Suherman, memaparkan program prioritas bidang olahraga dan kepemudaan untuk Tahun Anggaran 2024 dengan insan pers di Toraja Room, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 3 September 2024. 

Dalam pertemuan ini, turut hadir Kepala Bidang Humas Diskominfo Sulsel, Fitra, serta jajaran dari Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel.

Dalam Bidang Kepemudaan, Kontingen Sulsel berhasil mencetak prestasi pada Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia Komunitas Fest) 2024, yang digelar di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Dari tujuh pemuda yang mengikuti, tiga diantaranya berhasil mendapatkan juara.

Sulsel berhasil meraih dua Juara II, masing-masing dari Muhammad Restu Dwisaputra yang berlomba di kategori nasional bidang desain grafis, dan Ayla Ainayyah M, yang turun di lomba kategori nasional bidang Software. Sementara Juara III diraih oleh Hijratul Kauzar yang tampil di lomba kategori nasional bidang vokal solo.

"Alhamdulillah, kemarin dari tujuh pemuda yang ikut, tiga diantaranya berhasil mencetak prestasi, ada desain grafis, software, dan vokal solo. Hal ini menjadi suatu kebanggaan pemuda kita berhasil mendapatkan juara di event nasional pada Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia di Banjar Baru,” ungkapnya. 

Suherman juga mengungkapkan, Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh juga mendapatkan penghargaan atas capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Domain Kesehatan dan Kesejahteraan Tertinggi ke-4 Tingkat Nasional.

Sementara dalam bidang olahraga, ada dua program prioritas Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh. Yakni mendukung percepatan pelaksanaan pembangunan Stadion Sudiang dan persiapan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. 

"Pembangunan Stadion Sudiang ini tidak berhenti. Pak Gubernur juga instruksikan percepat pembangunan stadion, yang jelas kami siapkan semua untuk kelengkapan administrasi," kata Suherman.

Terkait pelaksanaan pembangunan, kata dia, menjadi kewenangan pemerintah pusat. Mengingat alokasi anggaran untuk pembangunan stadion ini melalui APBN. 

“Kita sudah terima surat dari Otoritas Bandara, kita sudah lakukan Amdal, Amdal Lalin, termasuk komunikasi terus dilakukan untuk percepatan pembangunan, termasuk kita siapkan lahannya. DED dan fisik oleh Pemerintah Pusat,” bebernya.

Untuk pelaksanaan PON 2024, Sulsel mengirimkan 630 kontingen yang terdiri dari atlet 406 orang, 139 official serta tim satgas 85 orang. Sebanyak 318 kontingen akan memperebutkan medali di Aceh dan 312 kontingen bertarung di Sumatera Utara.

"Pada PON sebelumnya, Sulsel berada pada urutan 11. Kita harap kali ini bisa masuk 10 besar. Kami mohon doanya dari masyarakat agar kontingen dari Sulsel dapat memberikan hasil terbaik dalam PON kali ini," imbuhnya. (*)