Direktorat Kemitraan Komunikasi, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerja sama dengan Dinas Kominfo Prov Sulsel menggelar acara Flash Blogging dengan tema Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Bermedia Sosial di Hotel Clarion Makassar, Jumat (16/6/2017).

Kegiatan Flash Blogging ini dibuka oleh Direktur Kemitraan Komunikasi, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dedet Surya Nandika. Dedet dalam sambutannya menyampaikan bahwa maraknya konten kebencian dan permusuhan yang beredar di medsos membuat MUI prihatin dan merasa perlu untuk mengeluarkan Fatwa dalam bermedia sosial.

Fatwa muamalah media sosial yaitu Fatwa Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial. "Melalui fatwa tersebut diharapkan masyarakat dapat teredukasi dalam bermedia," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Prov. Sulsel, Ir. H. A. Hasdullah, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa  seperti kita lihat di media terkait informasi bohong (hoax), ujaran kebencian (hate speech), fitnah, provokasi, termasuk pornografi, sentimen sara yang tentu kondisi ini menjadi ancaman serius bangsa kita karena kondisi tersebut berpotensi mengancam kebersamaan, soliditas, kebhinnekaan, moralitas bahkan kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

A. Hasdullah menambahkan, bahwa Pemahaman nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian dan jati diri bangsa Indonesia harus senantiasa dikobarkan di hati sanubari setiap insan termasuk upaya yang sangat Smart dari Kementerian Kominfo dengan mengajak komunitas blogger untuk saling mendukung guna menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila agar tetap eksis sepanjang masa.

Hadir pada kegiatan tersebut masing-masing sebagai narasumber DR. HERY Santoso (Universitas Gajah Mada), Prof. Dr. H. M. Ghalib, MA (Dekretaris MUI Sulsel), dan Handoko Data (Tim Komunikasi Presiden RI) dan diikuti peserta sebanyak 50 orang Blogger dari Prov. Sulsel dan sekitarnya.

Jumat, 16 Juni 2017 (Mgn)