Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin, mengunjungi pabrik pengolahan talas satoimo, PT Tridanawa Perkasa Indonesia (TPI) Makassar, Sabtu, 20 Juni 2020. 

Tiba dilokasi Lies yang didampingi Kepada Dinas Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjatjo, langsung melihat proses pengolahan talas yang dilakukan buruh pabrik. Mulai dari proses pembersihan, pemotongan, hingga pengeringan.

Ketua TP PKK Sulsel Lies mengatakan talas ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan petani bahkan diekspor hingga ke Jepang

"Pengembangan talas satoimo merupakan salah satu cita-cita Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani, tinggal proses penanaman dan pengembangan yang harus benar,"ungkapnya.

Ia menjelaskan satu hektare lahan yang ditanami talas satoimo bisa menghasilkan seratus juta rupiah.

"ini akan sangat luar biasa bagi petani,dengan lahan seluas satu hektar yang ditanami talas bisa menghasilkan hingga seratus juta rupiah, 
Sehingga Kita akan terus memperkenalkan ini ke masyarakat,bahkan menjadikan talas satoimo ini sebagai tanaman pekarangan",Jelasnya. 

Lies menyarankan agar memanfaatkan lahan yang ada di Puca' Maros, untuk lokasi penanaman talas satoimo. 

"Kita akan memamfaatkan lahan yang kosong agar produktif seperti lahan di Puca maros,"pungkasnya.

Lies menambahkan, tanaman yang juga dikenal dengan nama talas tikus ini punya antioksidan tinggi,dan mengandung kolagen yang tinggi sehingga sangat baik dikomsumsi. 

"PKK saat ini mengembangkan tanaman talas satoimo., apa lagi selama saya di Jepang banyak melihat mereka tiap hari makan talas karena sangat baik untuk kesehatan karena antikanker,"tutupnya.

Diketahui, talas satoimo merupakan komoditi ekspor, yang tinggi protein dan kolagen, serta dapat menjadi panganan penunjang kebutuhan masyarakat.

Sabtu ( 20 Juni 2020) Kominfo