Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Sulkaf, S. Latief, MM, membuka acara Sosialisasi Pengembangan Kemitraan Dalam Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang berlangsung di Hotel Kenari Makassar, Kamis (12/05/2016).

Sulkaf, S. Latief dalam sambutannya mengatakan, kemiskinan adalah masalah bangsa yang sangat kompleks, sehingga diperlukan keinginan yang kuat untuk mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui berbagai program kegiatan telah berupaya maksimal untuk mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut, agar kedepannya dapat terwujud peningkatan kesejahteraan rakyat di Sulawesi Selatan,”lanjutnya.

“Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan pola kemitraan melalui kerjasama yang dibangun  untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,”jelasnya.

Menurutnya, pola kemitraan tentu harus melibatkan berbagai stakeholder terkait, utamanya pelibatan komponen lokal di dalamnya, seperti organisasi kemasyarakatan, UKM dan perbankan.

“Dengan adanya pola kemitraan antara pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, UKM dan perbankan diharapkan kedepannya potensi lokal suatu daerah dapat diolah menjadi barang yang bernilai ekonomi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat suatu daerah,”imbuhnya.

Diharapkan  kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dapat lebih meningkatkan pola kemitraan di daerahnya, dalam bentuk kesepahaman dan kerjasama yang saling menguntungkan semua stakeholder yang ada (Mou), yang tentunya dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal masing-masing yang ada di daerah untuk dikelola dan dikembangkan.

Kamis, 12 Mei 2016 (Ht)