Makassar, sulselprov.go.id - Memperingati Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-355 sejumlah agenda akan digelar diantaranya kegiatan bakti sosial yang salah satunya akan dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Haji Makassar pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Direktur RSUD Haji Makassar, dr Evi Mustikawati Arifin mengatakan, dalam rangka memperingati hari jadi Sulawesi Selatan, pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulawesi Selatan akan mengadakan bakti sosial Operasi Katarak pada 19 Oktober nanti di UPT RSUD Haji Makassar.

"Target peserta kita sebanyak 50 orang dengan sasaran peserta masyarakat kurang mampu. Terutama mereka yang tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan berkualitas atau tidak mampu membayar operasi katarak secara mandiri," ucapnya, saat di konfirmasi, Minggu malam 13 Oktober 2024.

Selain masyarakat kurang mampu, kata Evi, operasi katarak ini juga menyasar masyarakat lanjut usia (Lansia). Kalangan lansia diakuinya sebagai salah satu kelompok masyarakat yang paling sering mengalami penyakit katarak. Sehingga, lansia menjadi salah satu kelompok prioritas.

Menurut Evi, kelompok lainnya yakni masyarakat penderita katarak dari wilayah terpencil atau yang jauh dari fasilitas medis. Kelompok ini sering menjadi sasaran utama karena akses terhadap layanan kesehatan yang terbatas.

"Kami juga menyasar kelompok pekerja informal. Pekerja yang tidak memiliki asuransi kesehatan atau tunjangan kesehatan juga sering menjadi target operasi katarak gratis. Sasaran peserta lainnya, yakni pasien dengan komplikasi katarak atau mereka yang sudah mengalami penurunan penglihatan akibat katarak dan belum mendapatkan penanganan medis," ungkapnya.

Untuk persyaratan yang harus dipenuhi peserta Operasi Katarak gratis, lanjut Evi, yakni hanya dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sementara bagi yang tertarik untuk mengikuti bakti sosial tersebut dan memenuhi kriteria peserta yang telah disebutkan diatas, maka yang berminat bisa menghubungi drg Burhanuddin di nomor WhatsApp 085242719459, atau menghubungi Asriani Asdar di nomor WhatsApp 081355840177. (*)